Legitnya Kurma Medjool Asal Amerika (2-habis)

Red: Chairul Akhmad

Selasa 08 Jul 2014 16:37 WIB

Olahan kurma medjoo. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Olahan kurma medjoo.

Oleh: Indira Rezkisari

Memasak dengan kurma

Selain dimakan begitu saja, memasak dengan kurma dilakukan restoran, hotel, dan rumah tangga saat Ramadhan. Menurut Vindex, menambahkan kurma medjool dalam masakan juga bisa dilakukan.

Bahkan, mengolah kurma medjool jauh lebih menarik. ‘’Secara natural, kurma ini sudah manis sehingga digunakan dalam berbagai makanan tanpa menambahkan gula,’’ katanya.

Vindex mengatakan, kurma medjool ditambahkan pada makanan panas, makanan dingin, hingga sajian pencuci mulut. Salah satu menu unik yang diracik Vindex adalah empal gentong Cirebon dengan tambahan potongan kurma.

Menu tersebut terinspirasi dari rasa kari yang banyak dimasak ketika bulan puasa. Kari, dikatakan Vindex, adalah sajian yang tidak berat. Rasa empal gentong yang gurih dan agak pedas dari bubuk cabai bertambah nikmat bila diberi sentuhan manis dari kurma.

“Jadinya, rasa yang agak Timur Tengah. Bedanya, menu sana dapat rasa manis dari kismis, ini dari kurma,” katanya menjelaskan. Ketika memasak dengan kurma, Vindex meminta memperhatikan tekstur kurma yang empuk dan mudah hancur bila dimasak terlalu lama.

Masukkan kurma pada proses masak jika ingin membuat empal gentong. Jika menggunakan sapi lokal yang tidak seempuk sapi Australia, misalnya, ia menyarankan memasukkan irisan kurma di bagian akhir. Sebelumnya, jangan lupa buang biji kurma dan iris kurma sesuai selera.

Satu ide menu yang dicoba Vindex, yaitu sambal goreng kentang dengan memasukkan potongan kurma dalam daging cincang yang dibulatkan. Rasa manis dari kurma memberi keseim bangan rasa dari gurihnya daging dan kentang yang agak pedas.

Menjadikan kurma sebagai pemanis salad pun bisa dilakukan. “Kalau untuk salad, taburkan di awal-awal, dia (kurma) memarinade buah dan sayuran lain, memberinya rasa manis alami,” ujarnya.

Vindex mencontohkan, bila membuat huzarensla, maka rasa manis dari kurma membuat mayones tak perlu lagi diberi tambahan susu kental manis atau gula. Sedangkan, untuk masakan yang dipanggang, kurma dimasukkan sejak awal.

“Ini bedanya memasak dengan kurma lain,” kata Vindex. Kurma lain yang kering membuat penggunaannya ditambahkan sejak awal, baik untuk masakan yang berdaging maupun hidangan pencuci mulut.

Terpopuler