Aprindo Prediksi Penjualan Busana Capai 200 Persen

Red: Agung Sasongko

Selasa 08 Jul 2014 13:17 WIB

Busana Muslim Foto: Republika/Yasin Habibi Busana Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat memprediksi kenaikan penjualan busana akan melampaui angka 200 persen pada momen Lebaran 2014.

"Tingkat penjualan busana sudah meningkat pada awal Ramadhan ini, puncaknya akan terjadi mulai H-7 Lebaran 2014, kami memprediksi peningkatannya melampaui 200 persen," kata Sekretaris DPD Aprindo Jabar Herndri Hendarta di Bandung, Selasa (8/7).

Menurut dia, produk busana merupakan salah satu komoditas yang diburu oleh masyarakat menjelang lebaran, baik itu busana anak-anak, dewasa dan juga bayi dipastikan mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, pengusaha perusahaan ritel di Kota Bandung sudah melakukan penambahan stok hingga 20 persen sejak sebelum memasuki Ramadhan.

"Ada kecenderungan masyarakat berbelanja busana pada awal Ramadhan, bahkan sebelumnya. Peluang itu kami tangkap dengan mengeluarkan stok lebih awal," kata Hendri.

Meski mengalami kenaikan permintaan, namun hingga awal pekan kedua Ramadhan ini pihaknya belum melakukan kenaikan harga. Menurut Hendri bahkan pihaknya siap menggelar spesial Lebaran.

Selain busana, komoditas lainnya yang mengalami peningkatan signifikan adalah barang musiman seperti sirup, kue kaleng, kurma serta beberapa komoditas lainnya yang khas pada Bulan Ramadhan.

Tingginya permintaan itu pada awal Juni dan Juli ini, kata Hendri juga dipicu oleh tahun ajaran baru 2014-2015, dimana belanja masyarakat untuk keperluan sekolah meningkat signifikan.

Terpopuler