Operator Seluler Diminta Bersiap Jelang Lebaran

Red: Julkifli Marbun

Selasa 08 Jul 2014 12:02 WIB

Tower Base Transceiver Station (BTS ) salah satu operator seluler Foto: Antara Tower Base Transceiver Station (BTS ) salah satu operator seluler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat telematika, Heru Sutadi meminta operator telepon seluler menyiapkan diri terkait dengan semakin dekatnya Idul Fitri 1435 Hijriah sehingga kualitas layanan tidak mengalami penurunan.

"Mereka (para operator) seharusnya sudah fokus untuk mengecek layanannya," kata Heru saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pengecekan terutama dilakukan pada kualitas layanan di dalam kota, bukan lagi di luar kota.

Terkait hal tersebut, Heru meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk segera menguji kesiapan jaringan di dalam kota.

"Tidak perlu 'test drive' dari Jakarta-Surabaya atau Jakarta-Lampung. Era ini sudah usai karena kini tidak lagi menggunakan layanan pesan singkat dan suara, tetapi berganti dengan layanan data," ujar Heru.

Heru meminta pemerintah segera melakukan pengetesan kepada layanan data, agar tidak mengalami gangguan saat pengguna berada di kampung halamannya masing-masing.

Salah satu operator seluler misalnya pada tahun 2013, menyiapkan kapasitas trafik suara pada awal Ramadan sebesar 369 juta menit pembicaraan per hari atau naik sebesar 7,6 persen dari hari biasa.

Sementara untuk pesan singkat dinaikkan menjadi 910 juta pesan singkat per hari atau naik 15 persen dibanding hari biasa dan layanan data menjadi 270 terabyte per hari atau meningkat 33 persen per hari.

Tren komunikasi terus berkembang sehingga semua layanan berupa kombinasi teks, gambar, video, suara bisa dikemas dalam satu paket dan membutuhkan kekuatan jaringan untuk kelancaran layanan data.

Sementara untuk persiapan Lebaran, trafik suara menjadi 924 juta menit pembicaraan per hari, pesan pendek 1,45 miliar per hari dan data 335 terabyte per hari.

Kemudian, kapasitas dinaikkan lagi selama Lebaran yaitu trafik suara 409 juta menit pembicaraan per hari atau naik 11,18 persen, trafik pesan pendek 1.038 juta per hari naik 31 persen dan trafik data 300 terabyte per hari 49 persen dibanding hari biasa.

Operator seluler lainnya menyebutkan selama ini melayani trafik percakapan hingga 510 juta menit per hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 700 juta SMS per hari, dan trafik data sebesar 325 terabytes per hari.

Diperkirakan sepanjang Ramadan dan Lebaran nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5-30 persen dari trafik normal sehari-hari.

Terpopuler