Melewati Sepuluh Hari Pertama (1)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri

Selasa 08 Jul 2014 09:43 WIB

Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,

Masih ada yang menganggap Ramadhan sebagai ibadah musiman.

JAKARTA -- Ramadhan memasuki sepuluh hari pertama. Masjid dan ulama berupaya agar jamaah menjaga semangat beribadah. Jangan sampai, hari-hari berikutnya menjadi tren penurunan jumlah jamaah yang beraktivitas di masjid.

Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia salah satu yang menjaga jamaahnya. Di bangunan seluas 1.087 meter persegi dengan daya tampung sekitar 1.040 jamaah itu selalu ramai. Pada shalat Zhuhur berjamaah pada Senin (7/7), ruang utama masjid sarat jamaah.

Tak hanya itu, di lantai dua juga terisi setengahnya oleh para jamaah, baik karyawan maupun warga sekitar. ‘’Bukan hanya di Ramadhan, di luar bulan suci pun demikian,’’ kata Ketua Tim Pengarah Manajemen Masjid Baitul Ihsan (MMBI) Trisno Nugroho.

Ia menuturkan, dalam kurun tujuh tahun terakhir shalat berjamaah selalu ramai terutama Zhuhur. Setelah shalat ada tausiyah. Manajemen, kata dia, sudah bertekad membentuk masyarakat yang selalu merindukan masjid.

Cita-cita ini, diwujudkan dengan memberikan pelayanan maksimal terhadap jamaah. Setiap hari, jamaah selalu ramai bahkan bertambah terutama saat Tarawih dan malam-malam ganjil Ramadhan. Selain pelayanan, ada kesadaran jamaah untuk konsisten mengisi Ramadhan.

Di samping itu, keberadaan para ustaz dan ulama yang terus menyampaikan tausiyah keutamaan ibadah di hari-hari terakhir Ramadhan turut berperan. Demi menjaga kesetiaan jamaah, setiap tahun ada program variatif.

Tahun ini misalnya, Masjid Baitul Ihsan menekankan dakwah dengan tema Sharing Akhlak Qurani. Serangkaian kegiatan pun disusun yang terkait dengan tema ini. Di antaranya membahas soal prinsip kejujuran, menjaga kualitas kerja, ikhlas, dan saling menasihati dalam kebaikan.

Manajer Operasional dan  Pelayanan MMBI Slamet Agung Rijadi menjelaskan, jamaah masjid terdiri atas karyawan Bank Indonesia, warga Tanah Abang dan Jabodetabek.

Terpopuler