Sakit Jantung tak Kambuh Saat Berpuasa, Perhatikan Hal Berikut

Rep: c91/ Red: Agung Sasongko

Senin 07 Jul 2014 20:51 WIB

ilustrasi jantung Foto: antara ilustrasi jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dokter Yeni Purnamasari dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, menuturkan penderita jantung bisa berpuasa asal menjaga pola makan dan minum berobat secara teratur. Hal terpenting lain, saat puasa bagi orang yang sakit pada umumnya adalah niat.

“Dengan niat yang ikhlas, organ kita tetap akan bekerja baik, bahkan menyehatkan tubuh,” kata dia saat berbincang dengan ROL. Senin (7/7). Selain menjaga pola makan, lanjut dia, penderita penyakit jantung perlu menjaga kadar cairan yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena, kebutuhan air bagi penderita jantung sedikit berbeda.

Menurut ahli jantung, Dr Muhammad Munawar, penderita penyakit jantung yang berpuasa bisa dilakukan asal memperhatikan pengobatan yang dijalani. "Tak ada masalah bagi penderita penyakit jantung untuk menjalani ibadah puasa," katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tak ada perlakuan khusus bagi mereka yang mengalami penyakit jantung dalam meningkatkan aktivitas ibadah mereka pada bulan Ramadhan. Aktivitas itu justru membantu mereka sebagai bagian dari olahraga.

Kemudian bila pasien memang diwajibkan minum obat, maka obat itu harus tetap diminum secara rutin dan jangan ditinggalkan selama puasa.

Terpopuler