Selama Ramadhan, PMI Sukabumi Butuh 40 Labu Darah

Rep: Riga Iman/ Red: Agung Sasongko

Senin 07 Jul 2014 16:00 WIB

Kantong Darah Foto: Republika/Yasin Habibi Kantong Darah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Ayi Abdullah menuturkan, setiap harinya permintaan darah di Kabupaten Sukabumi mencapai sebanyak 30 hingga 40 labu. Sehingga setiap bulannya dibutuhkan minimal sebanyak 800 labu darah.

Pada saat tertentu pemintaan tersebut tidak bisa dipenuhi karena PMI kekurangan stok.Dampaknya, masyarakat harus mencari labu darah ke daerah lain. Kondisi ini jelas menyulitkan masyarakat," kata dia.

Ke depan, kata Ayi, PMI tengah mengupayakan pembangunan bank darah di sejumlah rumah sakit di daerah selatan Sukabumi. Keberadaan bank darah ini untuk mempermudah warga dalam memperoleh labu darah. Selama ini warga harus datang ke Kantor PMI yang ada di Kota Sukabumi.

Ditambahkan Ayi, harga labu darah di Kabupaten Sukabumi saat ini mencapai sebesar Rp 360 ribu per kantong. Awalnya, harga labu darah hanya sebesar Rp 255 ribu per kantong. Kenaikan harga ini diterapkan sejak akhir Maret 2014 lalu.‘’Kenaikan ini sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan (Menkes),’’ ujar Ayi.

Ketentuan itu yakni Surat Edaran Menkes Nomor HK/Menkes/31/I/2014. Sehingga ada kenaikan sekitar 40 persen dibandingkan harga sebelumnya.

Terpopuler