Peminat Iftar di Masjid Gedhe Kauman Terus Meningkat

Rep: neni ridarineni/ Red: Damanhuri Zuhri

Kamis 03 Jul 2014 23:23 WIB

Masjid Kauman Foto: tambi Masjid Kauman

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Setiap hari Kamis sore menjelang Maghrib di bulan Ramadhan di Masjid Gedhe Kauman berbeda dengan hari lainnya.

''Di Masjid ini  penuh jamaah yang mau berbuka puasa,'' kata Panitia Ramadhan 1435 H/ 2014 H Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Djudjuk Inhari Edi  pada Republika. 

Menjadi tradisi, setiap Kamis menu ta'jil di Masjid Gedhe Kauman berupa gulai kambing. Sehingga setiap Kamis banyak masyarakat Yogyakarta yang berbuka puasa di masjid yang berlokasi di Alun-alun Utara ini.

Mereka tidak hanya yang tinggal dari sekitar Masjid Gedhe Kauman, melainkan juga ada yang berasal dari Bantul, Kulonprogo, Sleman maupun Gunungkidul.

Dari tahun ke tahun, jelas Djudjuk, jumlah masyarakat yang berbuka puasa di Masjid Gedhe Kauman setiap Kamis selalu meningkat.

''Sekitar empat tahun yang lalu kami menyiapkan ta'jil gulai kambing 300 porsi , sekarang 1200 porsi,'' kata Djudjuk Inhari Edi menjelaskan.

Tahun lalu ta'jil gulai kambing yang disiapkan sekitar 800 porsi.  ''Meskipun semakin meningkat porsi gule kambing yang disediakan Alhamdulillah donaturnya juga semakin banyak, bahkan semakin bertambah. Padahal ada dua donatur ta'jil gule kambing gule yang meninggal,''ujarnya.

Dana untuk ta'jil di Masjid Gedhe Kauman berasal dari donatur sedangkan panitia Ramadhan Masjid Gedhe Kauman menyiapkan katering yang telah diseleksi. Khusus untuk ta'jil gulai kambing sudah ada tujuh donatur.

Dari lima donatur masing-masing memberikan sedekahnya untuk 1000 porsi gulai kambing. Sedangkan dua donatur lainnya masing-masing memberikan sodaqohnya untuk 500 porsi gulai kambing.

''Karena Kamis di Bulan Ramadhan ini ada empat kali, maka yang satu kali ta'jil gulai kambing disiapkan pada waktu ada donor darah yang dilaksanakan 6 Juli,'' jelas dia.

Setiap hari ta'jil di masjid Gedhe Kauman ini selalu berupa nasi dan sayuran. Tradisi ini sudah sejak Hamengku Buwono VIII dan KH Ahmad Dahlan masih hidup.

Ta'jil yang disiapkan selain Kamis antara lain: brongkos telur, sambel goreng ndeso, bestik daging cincang asem-asem  dan telur dadar, sop dan ayam goreng. 

Terpopuler