Pelni Siapkan 25 Kapal untuk Mudik Lebaran 2014

Red: Hazliansyah

Rabu 02 Jul 2014 21:01 WIB

Pemudik awal pengguna kapal tanpa bersiap menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman. PT Pelni mengarahkan 25 kapal untuk angkutan lebaran 2012, delapan kapal di antaranya disiagakan di Maluku (ilustrasi) Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Pemudik awal pengguna kapal tanpa bersiap menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman. PT Pelni mengarahkan 25 kapal untuk angkutan lebaran 2012, delapan kapal di antaranya disiagakan di Maluku (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia siap melayani arus mudik Lebaran 2014. 

"Kami telah menyiapkan 25 kapal penumpang dengan total kapasitas 45.077 kursi penumpang," kata Direktur Utama PT Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, seluruh armada kapal disiagakan sehingga tidak ada yang akan "docking" pada periode mudik dari 13 Juli--13 Agustus 2014.

Ia memperkirakan bahwa akan terjadi kenaikan jumlah pemudik yang memakai jasa layanan Pelni sebesar tiga persen. Ia memperkirakan jumlah penumpang akan mencapai 729.520 orang, sehingga dinilai akan meningkatkan pendapatan.

Pelni, lanjutnya, juga siap untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak demi kelancaran operasional arus mudik, seperti PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) untuk meningkatkan pelayanan terminal penumpang dalam berbagai pelabuhan yang dikelola oleh BUMN tersebut.

Masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait mudik dengan Pelni itu antara lain dengan menghubungi call center atau nomor Posko Pelni Pusat atau mencari informasi di situs resmi Pelni (www.pelni.co.id).

Terpopuler