Nagrek Siap Dilintasi Pemudik

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 03 Jul 2014 09:45 WIB

Situasi di jalan lingkar Nagrek arah Garut-Tasik menuju Bandung. Foto: Republika/Rahmat Santosa Basarah Situasi di jalan lingkar Nagrek arah Garut-Tasik menuju Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT-- Jalan dari Nagreg hingga ke Gentong telah siap digunakan untuk jalur mudik tahun ini. Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, kondisi jalan sudah siap digunakan untuk arus mudik.

''Sebanyak 99 persen kondisi jalan tidak ada masalah, termasuk Nagrek,'' kata dia saat peninjauan jalur mudik di Tanjakan Gentong, Garut, Jawa Barat, Rabu (2/7).

Mangindaan menerangkan, ada beberapa jalan yang masih belum siap. Namun, akan diperbaiki setelah Lebaran. Dia berharap, rakayasa arus mudik dapat berjalan efektif dan efisien mengurai kemacetan. ''Simpang putar balik harus dikaji ulang agar jangan jadi masalah yang terus berulang,'' jelas dia.

Mangindaan mengatakan, kemacetan arus mudik di jalur selatan Jawa Barat masih dipicu pasar tumah dan kontur jalan raya Limbangan-Gentong. Di samping itu di ruas jalan Gentong diperlukan adanya beberapa perbaikan dan pelebaran jalan di tanjakan Stroberi dan tanjakan U.

Dia menegaskan, mulai H-4 Lebaran jalur lingkar Nagreg fokus untuk melayani pemudik dan masyarakat. Ia melarang truk yang lebih dari dua sumbu untuk melintas.

Terpopuler