Cermat Memilih Peranti Berbahan Kaca (1)

Red: Chairul Akhmad

Selasa 01 Jul 2014 23:12 WIB

Heat resistant glass. Foto: Shengshang.com Heat resistant glass.

Oleh: Wachidah Handasah

Tidak semua peranti berbahan kaca yang ada di pasaran aman digunakan.

Ramadhan, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam, telah tiba. Bagi para ibu Ramadhan tak hanya ditandai dengan peningkatan kegiatan ibadah, tapi juga peningkatan aktivitas di dapur.

Para ratu rumah tangga ini biasanya sibuk mempersiapkan aneka hidangan kegemaran keluarga untuk disajikan pada saat sahur dan berbuka.

Dibanding hari biasa, kesibukan para ibu di dapur saat Ramadhan umumnya meningkat dua kali lipat.

Sekadar contoh, jika pada hari biasa tak pernah ada “acara” menyiapkan hidangan takjil, pada bulan Ramadhan hal itu nyaris tak pernah terlewatkan. Begitu pun dengan kegiatan memasak pada dini hari, hanya dilakukan pada bulan suci ini.

Untuk meringankan tugas dapur yang meningkat itu, terutama untuk mewadahi berbagai jenis makanan, baik yang akan maupun telah diolah, tak ada salahnya menggunakan peranti dari kaca.

Selain tampilannya cantik, peranti jenis ini juga bisa sekaligus digunakan untuk menghangatkan makanan dan menghidangkannya di meja makan sebagai perangkat saji. Sungguh praktis digunakan saat sahur.

Di pasaran, tersedia banyak peranti memasak berbahan kaca dengan beragam merek. Manakah yang sebaiknya Anda pilih? Memilih peranti berbahan kaca ternyata membutuhkan kecermatan. Salah pilih bisa-bisa Anda terjerumus pada produk bermutu rendah dan tidak aman.

Patut dicatat, ketika Anda memasak atau menghangatkan makanan di dalam microwave ataupun oven, pastikan peranti kaca yang digunakan benar-benar aman. Sebab, tidak semua peranti masak berbahan kaca yang ada di pasaran aman digunakan.

Terpopuler