Daop IV Siapkan 116 Kereta untuk Angkutan Lebaran

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko

Selasa 01 Jul 2014 18:00 WIB

Pekerja tengah memperbaiki kereta. Foto: Antara Pekerja tengah memperbaiki kereta.

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Sedikitnya 116 kereta –baik kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif—telah disiapkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang untuk layanan angkutan lebaran tahun ini.

 

Seluruh kereta ini sudah siap digunakan dan telah menjalani sejumlah perawatan reguler di Depo Perbaikan kereta Semarang Poncol, guna dioperasionalkan untuk penumpang pada mudik lebaran nanti.

 

Kepala Depo Perbaikan Kereta Semarang Poncol, Sutono mengatakan, ke-116 kereta ini telah dilakukan perawatan dan perbaikan regular, baik mingguan, bulanan, tiga bulanan hingga 12 bulanan.  Perbaikan regular ini meliputi bagian interior dan mekanik. Perbaikan interior meliputi fasilitas yang ada dalam kereta hingga eksteriornya.

“Perbaikan mekanik meliputi roda, pegas dan seluruh sistem mekanik rangka bawah,” jelasnya, di Semarang, Selasa (1/7).

 

Ia menambahkan, meski jumlah tambahan kereta untuk mengntisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran belum dapat dipastikan, hal itu menjadi bagian dari perbaikan reguler ini.

 

“Biasanya, sisa dari rangkaian kereta api (KA) reguler --seperti Argo Sindoro, Argo Muria, Menoreh, Tawang Jaya, Tegal Arum maupun KA Kaligung—akan optimalkan sebagai kereta tambahan ke Jakarta dan Solo,” tambahnya.

 

Manager Humas PT KAI Daop IV, Suprapto  menambahkan, ke-116 kereta ini meliputi kelas eksekutif sebanyak 20 kereta, kelas bisnis sebanyak 10 kereta, K3 (ekonomi) AC sebanyak 10 kereta, K3 non AC sebanyak 38 kereta.

 

Sisanya, sebanyak 22 kereta merupakan kereta luar dinas. “Dengan perawatan regular ini, diharapkan pada pelayanan angkutan lebaran nanti tidak ada lagi kereta yang tidak layak atau bahkan rusak,” ungkapnya.// n bowo pribadi 

Terpopuler