Panduan Berpuasa Muslim Swedia

Rep: C64/ Red: Citra Listya Rini

Senin 30 Jun 2014 20:43 WIB

Muslim Swedia Foto: Youtube Muslim Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Ramadhan tahun ini di Swedia bertepatan dengan musim panas yang panjang. Ini mempengaruhi fenomena terbenamnya matahari bahkan terdapat beberapa kota di Swedia dimana matahari tidak akan terbenam sepanjang musim panas.

Karena itu, terdapat panduan berpuasa khusus bagi umat Muslim di Swedia. Saat musim panas umat Muslim di Swedia harus melalui 21 jam lamanya ketika bertepatan dengan musim panas. Khususnya umat Muslim yang berdiam Swedia bagian utara telah menerima panduan baru berpuasa. 

“Ketika di Swedia tidak memiliki jumlah umat Muslim yang banyak, hal itu bukanlah masalah besar. Tetpai, beberapa tahun terakhir ini menyebabkan masalah,” kata Imam Mahmoud Khalfi dari Asosiasi Islam, seperti yang dikutip OnIslam. 

Khalfi mengatakan terdapat banyak cara dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang bertepatan dengan musim panas. Dapat mengikuti periode berpuasa di Mekah ataukah melaksanaan ibadah puasa dengan mengikuti periode waktu wilayah setempat, sesuai dengan jam siang dan malam. 

Panduan yang memberikan pengarahan waktu sahur maupun berbuka. dikarenakan matahari di Swedia bagian utara tidak akan terbenam sepanjang musim panas yanga bertepatan dengan sepanjang Ramadhan. 

Hari-hari puasa yang tidak ada akhir karena berfokus pada terbenamnya matahari menyebabkan kebingunangan bagi umat Muslim di Swedia. Sehingga, terkadang membuat kesulitan bagi umat Muslim di Swedia. 

Ketika musim panas posisi Swedia tepat berhadap dengan matahri yang sangat minim untuk melihat terbenamnya matahari. Bahkan, Kiruna salah satu kota Swedia bagian utara tidak akan pernah melihat terbenamnya matahari ketika musim panas sepanjang Juni hingga Juli. 

Awal Ramadhan di Swedia telah ditetapkan pada Sabtu (28/6). Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian telah menerbitkan buku panduan yang baru, terkait periode puasa umat Muslim di Swedia khususnya di bagian utara.

Dalam panduan itu diperbolehkan untuk mengikuti arah matahari di Stockholm atau di Malmo atau juga mengikuti jam terbenam matahari terakhir pada 1 Mei, dikarenakan ketika senja saat itu matahari benar-benar terbenam.