Duh, CD Lagu Religi Bajakan Laris di Masa Ramadhan

Red: M Akbar

Ahad 29 Jun 2014 20:04 WIB

cd ustadz Jefri Al Buchori Foto: google cd ustadz Jefri Al Buchori

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Meski baru memasuki hari pertama Ramadhan, penjualan Compact Disc atau CD berisi lagu-lagi religi bajakan meningkat empat kali lipat dibanding biasanya.

"Tiga hari terakhir ini saya bisa menjual 40 CD album religi maupun kompilasi, sebelumnya rata-rata hanya 8 sampai 10 CD yang laris," kata Ari Rusman (28), salah seorang pedagang CD dan DVD di Pasar Sentral Kota Gorontalo, Minggu.

Menurutnya CD yang paling laris adalah lagu religi milik Ustad Jefry Al Bukhori, Opick, Wali Band dan gabungan lagu sejumlah artis seperti Ashanty, Syahrini dan Gita Gutawa.

Selain itu CD yang juga laris manis adalah ceramah yang dibawakan milik sejumlah ustad, serta tilawatil Al Quran. Sekeping CD religi dipatok dengan harga Rp10 ribu, lebih mahal dibanding CD non-religi.

"Dalam satu keping saya bisa untung lima hingga enam ribu rupiah. Sehari saya memasok sekitar 50 keping CD religi dan jumlah ini akan saya tambah minggu depan," jelasnya.

Sementara itu pedagang kaset lainnya di kompleks yang sama, Hamdan (34) mengaku stok CD religinya yang dipajang sejak bulan lalu baru laris menjelang Ramadhan.

"Kebanyakan yang beli adalah sopir bentor dan angkutan umum, serta para pengurus majid dan guru," katanya.

Di lapak miliknya, warga lebih banyak membeli CD ceramah agama Islam yang terjual hingga 20 keping per hari.

Terpopuler