Rumah Karaoke Tutup Selama Ramadhan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bilal Ramadhan

Ahad 29 Jun 2014 16:13 WIB

Tempat karaoke Foto: karaokemachinesdetail-online.info Tempat karaoke

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA–- Rumah karaoke yang banyak menjamur di wilayah Kabupaten Banjarnegara, akan kehilangan pendapatan selama Bulan Ramadhan. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang beranggotakan Bupati, Kapolres, Dandim 0704, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua DPRD, menyepakati untuk melarang operasional rumah karaoke selama Bulan Ramadhan.

''Kesepakatan Fokompinda ini, sekaligus juga memperkuat Surat Edaran Bupati yang menegaskan rumah karaoke harus menutup usahanya selama bulan Ramadhan,'' kata Asisten I Bidang Pemerintah, Imam Kusharto, Sabtu (28/6).

Sebelumnya, masalah keberadaan rumah karaoke di Banjarnegara memang mendapat sorotan dari Pemkab setempat. Bukan saja karena rumah-rumah karaoke tersebut banyak yang tidak mengantongi ijin, namun juga rumah-rumah karaoke tersebut seringkali menjadi tempat para laki-laki hidung belang mencari hiburan.

Pasalnya, perempuan pemandu lagu di rumah karaoke seringkali mengenakan pakaian yang sangat minim. Kapolres Banajarnegara AKBP Muslimin Ahmad, menyatakan siap mengamankan surat edaran bupati tersebut di lapangan.

''Karena surat edaran bupati telah menjadi produk hukum, maka kami siap mengamankan pelaksanaannya di lapangan. Bahkan kami akan memasang pita police line kalau masih ada rumah karaoke yang tetap buka di bulan Ramadhan,'' jelasnya.

Kepala Satpol PP Pemkab Banjarnegara, Agus Kusuma, menyatakan siap mengamankan berlakunya Surat Edaran Bupati tersebut di lapangan. Apalagi, surat Edaran tersebut juga telah menjadi kesepakatan bersama Forkompinda. ''Dalam penegakannya di lapangan, kami siap bekerja sama dengan Polri dan TNI,'' katanya. 

Anggota MUI Banjarnegara H Afif Juliet, mendukung penuh kebijakan pimpinan kabupaten untuk menjaga iklim yang kondusif selama bulan Ramadhan. Dia berharap, setelah keluar Surat Edaran,  para pimpinan serius melaksanakannya dengan melakukan patroli rutin memantau kondisi di lapangan.

''Patroli tetap dibutuhkan, karena selama ini yang namanya aturan seringkali dilanggar bila tanpa adanya penegakan hukum yang tegas. Patroli setiap malam tersebut menunjukan bahwa pemerintah serius dengan komitmennya,'' katanya.

Terpopuler