Aher Jadi Imam Tarawih di Pusdai

Rep: Ari Lukihardiyanti/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 29 Jun 2014 11:54 WIB

Ahmad Heryawan (Aher) Foto: Edi Yusuf/Republika Ahmad Heryawan (Aher)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Hari pertama memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Jawa Barat Aher memulai safari Ramadhan di masjid Pusdai Jawa Barat, Sabtu malam (28/6). Pada kesempatan tersebut, Heryawan yang akrab disapa Aher didaulat untuk menjadi Imam shalat Isya berjamaah dan mengisi ceramah singkat sebelum shalat tarawih.

Di hadapan ribuan jamaah Aher menyampaikan tausiahnya. Ia mengatakan, lapar itu tidak menghalangi orang untuk berprestasi. Menang melawan kedzaliman dan kemungkaran. Beberapa contoh prestasi gemilang umat Islam antara lain menang dalam perang Badar. Pembebasan penjajahan Mekah dari kaum kafir Quraisy yang lebih dikenal futuh Mekah juga terjadi pada bulan Ramadhan.

Kemerdekaan RI 17 Agustus 45, bertepatan dengan bulan Ramadhan. Para proklamator dan pejuang kemerdekaan berprestasi pada bulan ramadhan. "Mari kita sambut kebangkitan, agama ini datang untuk kesejahteraan, bukan untuk kemiskinan dan kesengsaraan,'' katanya.

Aher mengatakan, malam ini doa kita dikabulkan. Selain itu, semua harus bersyukur karena masuk bulan Ramadhan dalam keadaan sehat. Bulan Ramadhan ini, harus disambut dengan bergembira dan bersuka cita dengan beribadah serta beramal shaleh. Pada bulan ini terdapat keutamaan yaitu dibuka pintu-pintu surga ditutup pintu-pintu  api neraka dan setan dirantai.

"Kalau pada hari lain setan yang goda kita tapi bulan Ramadhan setan tidak bisa goda kita, tapi  yang bisa goda kita adalah nafsu kita. Maka hadirkan keinginan berinfak, keinginan menyatakan cita-cita kemenangan", katanya.

Turut dalam shalat tarawih pertama tersebut, Pangdam III Siliwangi, Sekda Provinsi Jawa Barat dan para pejabat teras provinsi Jawa Barat lainnya.

Terpopuler