Tips Ramadhan Sehat dari Dokter: Pasien Dialisis, Iritasi Usus, dan Liver (9)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar

Kamis 26 Jun 2014 09:40 WIB

Ibu hamil boleh tak masalah berpuasa selama sehat. Foto: Republika/Prayogi Ibu hamil boleh tak masalah berpuasa selama sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, KASHMIR -- Ramadhan adalah bulan penuh berkah dalam kalender umat Muslim. Karena itu, seluruh Muslim diwajibkan berpuasa dibukan ini. Puasa tidak dimaksudkan untuk mendatangkan kesulitan bagi individu Anda.

Alquran bahkan secara khusus membebaskan sejumlah golongan untuk tidak berpuasa, misalnya orang yang sakit, musafir, orang yang mengidap gangguan mental, orang tua renta, wanita menyusui, ibu hamil, hingga wanita menstruasi.

ROLers, berikut adalah sejumlah pertanyaan yang sering diajukan tentang kesehatan puasa selama Ramadhan.

Profesor Mohammad Sultan Khuroo yang merupakan dokter ahli sekaligus mantan Konsultan dan Kepala Gastroenterology, Hepatology dan Transplantasi Hati di Rumah Sakit King Faisal Specialist & Research Centre, Riyadh, Arab Saudi mencoba memberikan sejumlah pertanyaan dan jawabannya, dilansir dari Greater Kashmir, Kamis (26/6).

T: Dokter, saya ada ulkus di lambung. Dapatkah saya berpuasa?

J: Pasien dengan penyakit ulkus atau maag akut tidak bisa sembarangan berpuasa sebab akan mengalami pengendapan ulkus dan akhirnya mengalami infksi, misalnya infeksi Helicobacter pylori. Pasien yang sering mengalami pendarahan di ulkus diutamakan untuk menjalani penyembuhan ketimbang berpuasa.

Studi menunjukkan bahwa pasien dengan ulkus peptikum telah menunjukkan peningkatan asam dan hormon gastrin yang menghasilkan asam dari lambung. Dengan demikian, pasien dengan tukak lambung ini akan mengalami borok dan berdarah jika memaksakan puasa. Maka, mereka sebaiknya tidak berpuasa karena alasan medis.

T: Dokter, fidyah itu berlaku untuk siapa saja?

J: Fidyah itu adalah sumbangan yang harus dibayar seseorang yang tidak bisa memenuhi kewajiban puasanya karena sakit atau usia tua. Pembayaran fidyah bisa berupa memberi makan orang mikin setiap hari puasa atau setara satu kali makan masing-masing untuk dua orang atau dua kali makan untuk satu orang. Jika dalam bentuk uang, fidyah itu juga berbeda-beda disetiap negara.

Terpopuler