Ramadhan dan 6 Pertanyaan yang Menyertainya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 26 Jun 2014 08:08 WIB

umat Islam Berpuasa. Foto: AP umat Islam Berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender umat Islam. Seluruh Muslim wajib berpuasa disiang harinya dan akan dimulai insya Allah 29 Juni mendatang, menurut pengumuman Sharjah Planetarium Arab Saudi. Ada setidaknya enam pertanyaan dasar yang menyertai perintah ibadah keempat dalam Rukun Islam tersebut. Apakah itu? Berikut paparannya, dilansir dari the Week, Kamis (26/6).

1. Apakah Ramadhan selalu dimulai pada hari dan tanggal yang sama setiap tahunnya?

Tidak, sebab Ramadhan mengikuti kalender lunar atau menurut peredaran bulan. Biasanya Ramadhan dimulai 11 hari lebih awal setiap tahunnya. Ramadhan juga tidak mengikuti musim dingin, musim panas, jadwal siang hari terpendek, atau jadwal malam hari terpendek. Jadi, lamanya berpuasa, khususnya di negara empat musim akan berbeda-beda.

2. Mengapa bulan ini begitu penting?

Banyak sekali faktor yang membuat Ramadhan adalah bulan yang sangat penting. Faktor utamanya karena pada bulan ini Allah SWT mewahyukan Al-Quran pada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman.

3. Mengapa umat Islam berpuasa pada bulan Ramadhan?

Berpuasa bertujuan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Di samping itu, puasa juga mendisplinkan diri, dan menahan diri dari hawa nafsu. Setiap Muslim akan makan sahur sebelum matahari terbit dan berbuka puasa ketika matahari terbenam. Sejumlah penelitian juga menunjukkan puasa itu ternyata membuat tubuh lebih sehat. 

4. Siapa saja yang boleh tidak berpuasa?

Mereka yang tidak diwajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan adalah non-Muslim, anak-anak, orang sakit, orang-orang dengan penyakit mental, musafir, wanita sedang menyusui, orang tua lanjut usia, wanita hamil atau baru saja punya bayi, juga wanita yang sedang menstruasi.

5. Apakah dunia kerja membuat penyesuaian dibulan puasa?

Negara-negara mayoritas Muslim biasanya akan membuat penyesuaian jam kerja bagi karyawannya dibulan puasa. Negara-negara minoritas Muslim belakangan juga sudah banyak yang melakukan penyesuaian tersebut. Bentuk penyesuaian itu biasanya jam masuk kerja yang diperlambat, atau jam pulang kerja yang dipercepat.

6. Kapan Ramadhan berakhir?

Ramadhan tahun ini diperkirakan berakhir pada 18 Juli 2014. Puncaknya adalah Idul Fitri, dimulai dengan shalat berjamaah dipagi hari, diikuti dengan silaturahmi dan saling maaf memaafkan antara keluarga, tetangga, hingga teman-teman. Banyak umat Muslim yang merayakan Idul Fitri dengan mengenakan pakaian baru atau saling memberikan hadiah ke sesama, khususnya kaum kurang mampu. 

Terpopuler