Tetap Bugar, Hindari Jenis Minuman Berikut

Red: Agung Sasongko

Senin 23 Jun 2014 22:47 WIB

minuman kopi Foto: Republika/Agung Supriyanto minuman kopi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --Ada berapa minuman yang perlu dihindari guna menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Makanan itu antara lain, kopi dan minuman manis saat sahur.

"Kopi menstimuli tubuh untuk sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang, akibatnya dehidrasi dan lemas," kata Guru Besar bidang gizi dan keamanan pangan Institut Pertanian Bogor Prof Ahmad Sulaeman, Senin (23/6).

Menurut Prof. Ahmad, Minuman manis akan dicerna lebih cepat sehingga cepat merasa lapar. "Tetapi ada beberapa orang yang dengan tipe tubuhnya dapat menerima kopi untuk ketahanan tubuhnya," ujar Prof Ahmad.

Prof Ahmad menambahkan, makna puasa dalam bahasa Arab adalah menahan dari segala sesuatu seperti makan, tidur, menahan berbicara dan sebagainya. Sedangkan istilah agama, puasa adalah amal ibadah yang dilaksanakan dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari (12 jam) disertai dengan niat karean Allah SWT.

"Manfaat puasa bagi kesehatan sangat banyak menekan radikan bebas, membersihkan lambung dan usus, memperbaiki fungsi hati, melancarkan aliran darah, meningkatkan imunitas dan menjernihkan pikiran serta menstabilkan emosi," ujarnya.

Terpopuler