Saudi Perketat Keamanan Masjidil Haram Selama Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Ahad 22 Jun 2014 14:35 WIB

Jamaah umrah Foto: Republika/Heri Ruslan Jamaah umrah

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah Saudi memperketat keamanan jelang masuknya bulan suci Ramadhan. Ini dimaksudkan guna menjaga kemungkinan membludaknya jamaah yang memasuki Masjidil Haram.

Menteri Urusan Kota Pangeran Mansour bin Miteb keamanan dan kenyamanan jamaah menjadi prioritas penting. Apalagi dipastikan jamaah umrah akan meningkat selama Ramadhan. "Saat ini polisi tengah membahas manajemen keamanan. Ini mengingat di sekitar Masjidil Haram terdapat proyek-proyek pengembangan," kata dia seperti dilansir arabnews.com, Ahad (22/6).

Kolonel Ali Zahrani, Kepala Polisi Lalu Lintas Makkah mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan akses alternatif kepada jamaah yang hendak menunju Masjidil Haram. Akses ini diharapkan tidak akan menggangu pelaksanaan proyek pembangunan.

Secara terpisah, seluruh penjaga keamanan di dalam Masjidil Haram telah mempersiapkan diri mengawal jamaah. Otoritas Keamanan Masjidil Haram telah memperintahkan para jamaah agar mengedepankan pendekatan manusiawi kepada para jamaah. "Kami sudah melakukan orientasi soal ini kepada para penjaga," kata Mayor Jenderal Yahya AL-Zahrani, Komanda Penjaga Masjidil Haram.

Terpopuler