Bulan Puasa Banyak Restoran Tetap Buka Siang Hari

Rep: C91/ Red: Julkifli Marbun

Jumat 20 Jun 2014 17:57 WIB

Pondokl Indah Mall (PIM) Foto: Republika/Prayogi Pondokl Indah Mall (PIM)

REPUBLIKA.CO.ID, PONDOK INDAH -- Beberapa restoran di Mall Pondok Indah (PIM), Jakarta Selatan, akan tetap buka di siang hari saat Ramadhan. Hanya saja, mereka akan menutupi jendela dengan tirai, demi menghormati pengunjung Mall yang berpuasa, (20/6).

Meski begitu, ada pula tempat makan yang tetap buka, dan tak menutupi dengan tirai. "Sekarang tidak seperti dulu, banyak tempat makan yang tidak ditutupi, misalnya cafe coffe gitu," ujar Melly Andani, SPG salah satu toko di PIM, kepada Republika, (20/6). Menurutnya dari pengelola mall pun, tak ada himbauan untuk menutupi restorannya, di siang hari saat bulan puasa.

Ketika dikonfirmasi ke pihak PIM, mereka belum dapat memastikannya sekarang, namun biasanya beberapa restoran memiliki kesadaran sendiri. Ada lebih dari 50 restoran yang tersebar di PIM 1 dan 2.

"Setahu saya memang tak ada peraturan khusus dari Mall, tergantung pihak resto masing-masing saja," ungkap Agus Ari, petugas keamanan PIM. Menurut pria yang telah dua tahun bekerja di Mall elit ini, kebanyakan tempat makan di sini memang menutup jendelanya saat Ramadhan, tetapi pukul 06.00 WIB akan dibuka.

Novi, pelayan salah satu cafe khusus kopi, mengatakan, tak menutup cafenya. Kebanyakan konsumen mereka terdiri dari orang asing yang tak berpuasa.