Pemkab Kotawaringin Timur Siapkan Pasar Ramadhan

Red: Chairul Akhmad

Jumat 20 Jun 2014 01:26 WIB

Satu sudut Kota Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Foto: Antara/Untung Setiawan Satu sudut Kota Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, akan kembali menggelar Pasar Ramadhan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah.

"Saat ini persiapan terus dilakukan. Sudah beberapa kali rapat tapi nanti akan dua kali rapat lagi untuk pemantapan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar Kotim, Mudjiono, Kamis (19/6).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pasar Ramadhan akan digelar di sekitar Taman Kota karena lokasinya sangat strategis di titik pusat keramaian Kota Sampit sehingga memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.

Pasar Ramadhan digelar rutin untuk membantu masyarakat yang ingin mempersiapkan menu berbuka puasa dengan membeli berbagai makanan dan minuman yang dijual para pedagang.

 

Selain itu, Pasar Ramadhan ini juga kini dikemas sebagai event wisata kuliner yang menjadi daya tarik bagi seluruh masyarakat dan tamu. Bahkan pembeli yang datang bukan hanya umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, tetapi juga warga non-Muslim yang ingin menikmati wisata kuliner di daerah ini.

"Soal teknis, nanti akan dibahas dalam rapat lanjutan. Jumlah pedagang yang bisa ditampung tentu terbatas sesuai kapasitas lokasinya nanti," sambung Mudjiono.

Meski Pasar Ramadhan yang diresmikan adalah pasar yang dibangun di kawasan Taman Kota, juga akan ada pasar Ramadhan di lokasi lain, baik yang dikelola pemerintah daerah maupun yang dibangun oleh masyarakat.

Tahun lalu, pemerintah menggratiskan biaya bagi pedagang yang berjualan di Pasar Ramadhan. Pedagang hanya membayar retribusi kebersihan dan keperluan operasional lainnya yang dikelola langsung oleh para pedagang.