Tips Ramadhan: Jurus Memahami Makna Alquran

Rep: c72/ Red: Asep K Nur Zaman

Kamis 19 Jun 2014 17:14 WIB

Seorang Muslim sedang membaca Alquran. Foto: AP PHOTO/Altaf Qadri Seorang Muslim sedang membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pada Bulan Suci Ramadhan, banyak umat Islam yang mengisi waktu dengan membaca kitab suci Alquran. Agar dapat membaca dan memahami makna Alquran dengan baik, berikut adalah tips yang dilansir dari http://muslimvillage.com"muslimvillage.com.

Tips yang pertama adalah memurnikan niat kita. Pastikan bahwa niat awal kita adalah benar-benar untuk membaca dan memahami Al-quran secara sungguh-sungguh.

Tips berikutnya adalah memilih kitab Alquran yang dilengkapi dengan terjemahan jika kita belum begitu memahami tentang bahasa Arab. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat memahami secara mendalam mengenai apa yang sedang kita baca.

Tips yang ketiga adalah dengan mempelajari hadits yang membahas tentang topik yang berkaitan dengan surat dan ayat yang sedang kita baca. Selanjutnya, sebaiknya kita prioritaskan pada penjelasan dari Nabi SAW maupun para sahabat Nabi SAW.

Tips berikutnya, memeriksa dalam hadits mengenai alasan dan hubungan mengenai kejadian yang menyebakan turunya wahyu melalui surat dan ayat tersebut. Untuk mendapat penjelasan yang lebih mendalam, kita juga dapat berkonsultasi langsung mengenai fikih dan akidah kepada para ahlinya.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga seluruh umat Islam dapat memperdalam ilmunya secara optimal. Hal ini juga dapat membuat kita merasa dapat beribadah lebih optimal karena dapat membaca dan memahami makna Alquran secara mendalam dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Terpopuler