Puasa, Jaga Lambung Anda

Rep: C61/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 19 Jun 2014 14:04 WIB

Lambung. Foto: Edoctoronline.com Lambung.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang sedang berpuasa Ramadhan nanti disarankan menjaga lambung. Umumnya, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama 12 jam lebih dalam sehari.

Selama belasan jam itu perut dalam keadaan kosong sehingga yang biasa dikhawatirkan ialah bagaimana kondisi lambung, apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat sakit mag.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Tarakan Dr Theryoto mengatakan, sebenarnya sama sekali tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kondisi kesehatan tubuh seseorang selama berpuasa.

Hanya, memang selama berpuasa, gangguan pada organ lambunglah yang paling rentan diderita. “Tidak masalah dan tidak perlu takut sebab itu (puasa) hanya peralihan jam makan,” kata Theryoto.

Pria yang akrab disapa dokter Thery ini mengatakan, gangguan utama yang paling mungkin dirasakan selama berpuasa adalah pada saluran pencernaan. Ini juga sangat erat kaitannya dengan penyakit mag. Sebab, bagi penderita sakit mag, makan harus tepat waktu. “Hanya, saat puasa kita tidak makan pada jam-jam tertentu,” jelas Thery.

Thery mengungkapkan, umat Muslim, terlebih penderita sakit mag, tidak perlu merasa khawatir dengan lambungnya. Ada beberapa tips yang sangat mudah dilakukan agar kesehatan lambung tetap terjaga selama berpuasa.

Yang pertama, tutur Thery, hindari makanan yang terlalu pedas dan asam. Makanan yang pedas dan asam berbahaya bagi lambung. Apalagi, selama sehari penuh tubuh belum mendapat asupan. “Makanya kan dianjurkan makan makanan yang manis,” ujar Thery.

Tetapi, yang manis pun tidak boleh berlebihan. Terlebih bagi penderita diabetes, kadar pengonsumsian gula harus diperhatikan.

Selain itu, pilih pula makanan-makanan yang mudah dicerna dan bertekstur tidak terlalu keras. Misalkan ingin mengonsumsi nasi pun, pastikan nasi telah ditanak dengan baik.

Kedua, jelas Thery, walau kita berpuasa tidak ada alasan tidak berolahraga. Dengan berolahraga, badan menjadi tidak lemah. “Olahraga saja tetap, seperti biasa.” Olahraga sederhana yang bisa dilakukan, yaitu joging, jalan santai, dan bersepeda. Baiknya dipraktikkan minimal 15 menit atau sebelum aktivitas bekerja.

Tips ketiga, kurangi tingkat stres. Sebab, stres juga akan berdampak pada kondisi lambung. “Tidak perlulah yang tidak perlu dipikirkan,” kata Thery. Biasanya jika seseorang sedang dihadapi stres—umumnya bagi pria—mereka akan merokok. Sudah jelas merokok tidak baik untuk kesehatan. “Oleh karena itu, kurangi juga rokok.”

Untuk tetap sehat selama berpuasa, bila Anda ingin mengonsumsi vitamin tambahan ataupun multivitamin juga boleh. Asalkan tidak yang bersifat asam.

Yang terpenting, pola hidup sehat bukan hanya selama Ramadhan. Menjalankan berperilaku hidup sehat setiap saat, seperti mencuci tangan dan makan makanan yang bergizi, sangatlah penting sehingga ibadah puasa menjadi lancar. “Dan, yang terpenting juga kan, niatnya. Jadi, tidak ada alasan dengan kesehatan jadi tidak puasa,” kata Thery.

Terpopuler