Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan Stabil

Red: Julkifli Marbun

Rabu 18 Jun 2014 12:26 WIB

Kebutuhan Pokok Foto: Republika/Prayogi Kebutuhan Pokok

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Harga kebutuhan pokok di Pasar Wates Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yoggakarta, menjelang Ramadhan dalam kondisi stabil dan normal.

Kepala Biro Administrasi dan Sumber Daya Alam Daerah Istimewa Yogyakarta, Tri Mulyono di Kulon Progo, Rabu, mengatakan secara umum kondisi harga kebutuhan pokok dalam kondisi normal.

"Beberapa bahan pokok yang dipantau tidak ada kenaikan yang berarti. Beberapa komoditi yang mengalani penurunan yakni minyak goreng sawit curah. Hal ini disebabkan permintaan masih cukup, tapo suplai barang dari sumber produsi lebih banyak sehingga cenderung menurun," kata Tri Mulyono usai melakukan pemantuan harga di Pasar Wates.

Ia mengatakan komoditi yang mengalami kenaikan adalah cabai rawit dari Rp8000 per kilogram menjadi Rp10 ribu per kg. Bawang merah dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kg, daging ayam naik Rp1000 per kg dari Rp29 ribu menjadi Rp30 ribu per kg.

Sedangkan harga daging sapi kualitas satu Rp93 ribu dan kualitas II untuk baso Rp95 ribu per kg.

"Kenaikan harga bawang merah disebabkan ada abu vulkanis dari Gunung Kelud beberapa waktu lalu menyebabkan daerah Jawa Timur sebagai penghasil bawang merah mengalami penurunan produksi," kata dia.

Tri Mulyono mengatakan berdasarkan pengalaman pemantauan harga kebutuhan pokok, biasanya menjelang Ramadhan hingga pertengahan harga fluktuatif dan permintaan tinggi.

"Kami mengimbau masyarakat tidak khawatir meski harga fluktuatif. Distribusi kebutuhan pokok di DIY sangat lancar, dibandingkan dengan daerah lain," kata dia.

Terkait upaya Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY mengendalikan harga kebutuhan pokok, lanjut Tri Mulyono mengatakan Pemerintah DIY akan membentuk TPID tingkat kabupaten/kota.

"Harapannya TPID kabupaten/kota melakukan pemantuan dan pengendalian harga kebutuhan pokok. Kalau dibutuhkan, dilakukan operasi pasar," katanya.

Salah seorang pedagang Pasar Wates Dwi Erawati mengatakan harga kebutuhan pokok sejak dua minggu terakhir mengalami kenaikan.

"Harga yang mengalami kenaikan yakni bawang merah Rp23 ribu dari sebelumnya Rp15 ribu per kg. Bawang merah dan bawang putih," kata dia.

Terpopuler