IPHI Gelar Safari Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Senin 16 Jun 2014 22:44 WIB

Safari Ramadhan Foto: Republika/Raisan Al-Farisi Safari Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Utara menyiapkan sejumlah program selama bulan Ramadhan 1435 Hijriyah, diantaranya Safari Ramadhan ke sejumlah daerah di provinsi itu.

Ketua Pengurus Wilayah IPHI Sumatera Utara Ahmad Husein di Lubukpakam, mengatakan pihaknya akan bersafari Ramadhan?menyebar ke daerah-daerah terpencil di Sumatera Utara selama Bulan Ramadhan. Hal itu merupakan bagian dari rasa tanggungjawab IPHI Sumut dalam mencerahkan masyarakat terutama terhadap pembinaan generasi muda Islami agar jauh dari kemungkaran, dan hal-hal yang jauh dari nilai-nilai agama.

"Kami siap menjadi penceramah pada pengajian-pengajian yang ada di daerah, pelatihan kepada bilal mayit, termasuk pengembangan potensi? ditengah-tengah Angkatan Muda Haji," katanya saat beraudiensi dengan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan, pihaknya berkeinginan mensinergikan?rencana program IPHI dengan Pemerintah Kabupaten Deliserdang, sebagai bentuk kontribusi? bagi upaya pembangunan hingga ke daerah, khususnya di bidang keagamaan.

"Kami menyadari bahwa kalau program yang telah di susun sejalan dengan program pemerintah daerah, tentunya akan terjadi saling sinergi dan saling dukung," katanya.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan yang juga? Ketua Nahdatul Ulama (NU) Sumut mengatakan , kunjungan IPHI tersebut sangat penting?bagi upaya? dalam mensinergikan pogram antara -IPHI dengan Pemkab Deliserdang yang memiliki visi misi pembangunan untuk menjadikan Deliserdang yang maju berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan.

Ia mengatakan banyak hal yang bisa diharapkan?dalam upaya? membangun masyarakat religius seperti dengan memberdayakan Angkatan Muda Haji yang diyakini dapat menyatukan programnya bersama para ulama, karena generasi muda sebenarnya memiliki semangat dan tekad yang kuat.

Demikian juga dengan majelis taklim pengajian akbar kaum ibu Deliserdang yang sudah terbina di daerah itu, termasuk upaya untuk menerapkan program maghrib mengaji yang menjadi rencana penting kedepan.

Terpopuler