Muslim Afsel Ajak Wisatawan Nikmati Atmosfer Puasa di Cape Town

Red: Agung Sasongko

Senin 16 Jun 2014 20:53 WIB

Cape Town, Afsel Foto: AP Cape Town, Afsel

REPUBLIKA.CO.ID,  CAPE TOWN -- Komunitas Muslim Afrika Selatan tak berdiam diri menyambut bulan suci Ramadhan. Mereka coba menarik wisatawan Muslim untuk datang selama Ramadhan.

"Cape Town kota dengan banyak masjid. Ada sembilan masjid, semuanya berada di pusat kota," kata Gamidah Jacobs, pemilik biro perjalanan Lekka Kombuis, yang juga warga negara asal Malaysia, seperti dilansir eTN Website, Senin (16/6).

Selain masjid, Muslim Afrika juga mengklaim suhu udara Cape Town sangat bersahabat bagi Muslim yang berpuasa. Makanan halal untuk berbuka pun banyak tersedia. "Anda bisa menemukan makanan berbuka halal seperti di negeri asal Anda," kata dia.

Bagaimana soal penginapan. Gamidah memastikan wisatawan Muslim akan mendapatkan tempat terbaik di Cape Town. "Di sini banyak komunitas Muslim menetap. Dan banyak hotel pula yang berdiri, seperti Hilton, Cape Town Lodge," katanya.

Populasi Muslim di Afrika Selatan mencapai 1.5 persen. Cape Town merupakan rumah bagi 500 ribu muslim, yang sebagian besar dari Asia, seperti Indonesia dan Malaysia.

Menurut Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Afrika Islam dinilai sebagai negara non-Islam yang ramah soal makanan halal. Seperti diketahui, industri halal di Afrika Selatan berkembang pesat.

Terpopuler