Masjid Cut Meutia Bersolek Sambut Ramadhan

Rep: c92/ Red: Agung Sasongko

Senin 16 Jun 2014 23:59 WIB

Masjid Cut Meutia Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Masjid Cut Meutia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Cut Meutia bersolek guna menyambut bulan suci Ramadhan. Ini karena, selama sebulan penuh, akan ada banyak kegiatan.

Ketua Harian Yayasan Masjid Cut Meutia, Koko mengungkap Masjid Cut Meutia akan menggelar agenda rutin seperti tarawih, I’tikaf di 10 hari terakhir, penyediaan takjil, dan perbaikan fisik masjid.

"Kegiatan tarawih di Masjid Cut Meutia terdiri dari 11 rakaat, akan dibuka oleh Imam K.H. Mahfudz," kata dia kepada ROL, Senin (16/6).

Itu sebabnya, kata dia, perbaikan fisik yang dilakukan berupa penambahan bidang lantai yang menghubungkan tempat wudhu dengan pintu masuk masjid.“Sekarang para jamaah bisa langsung berjalan dari tempat wudhu ke dalam masjid.” kata Koko ketika ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Nantinya, setiap hari Masjid Cut Meutia akan menyediakan takjil berupa kurma, air kemasan, dan 800 box nasi. “Kalau untuk sahur disediakan untuk karyawan.” ujar Koko.

Salah satu kegiatan besar lain yang akan diselenggarakan oleh RICMA dan Yayasan Masjid Cut Meutia yang bertajuk Ramadhan Jazz Festival. Acara ini dihadiri dan dimeriahkan tidak hanya oleh umat muslim saja, namun juga umat beragama lain.

Tahun sebelumnya, acara ini dimeriahkan oleh beberapa artis seperti Tompi, Idang Rasyidi, Dwiki Darmawan, Andien, dan Tulus.

Ramadhan Jazz Festival seyogyanya diselenggarakan tanggal 4-5 Juli 2014. Namun, sempat perubahan tanggal dan konsep acara dengan Gemar Ramadhan, sehingga acara ini diselenggarakan 11-13 Juli 2014.

“Karena bertepatan dengan pemilu, jadi surat ijin susah keluar. Selain itu juga branding Ramadhan Jazz Festival akan tertutup isu pemilu. Jadi kita putuskan untuk ganti tanggal.” ujar Muhammad Algifari, Ketua Pelaksana Gema Ramadhan 1435.