Masjid Agung Purwokerto Gelar Gebyar Ramadhan

Rep: eko widianto/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 16 Jun 2014 08:47 WIB

Azan (ilustrasi) Foto: forsil.org Azan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pengurus Masjid Agung Baitussalam Purwokerto mempersiapkan berbagai kegiatan di bulan suci Ramadhan.

''Bahkan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan, kita melakukan berbagai persiapan,'' kata Humas Madjid Agung Baitussalam Purwokerto, Alief Einstein, Ahad (15/6).

Berbagai persiapan yang dilakukan takmir Masjid Agung Baitussalam  antara lain membersihkan masjid dan memperbaiki fasilitas, seperti penyediaan air bersih untuk berwudhu, jaringan listrik, menambah lampu penerangan, dan pengecatan.

''Semua kita lakukan agar masyarakat yang hendak memperbanyak kegiatan ibadah di Masjid Agung, bisa merasa nyaman,'' ungkap Alief Einstein.

Selain itu, kata Einstein, seperti yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, pengurus masjid dan panitia Ramadhan juga menyiapkan takjil atau makanan buka puasa.

Menurut dia, untuk menyemarakkan Bulan Ramadhan, takmir menyiapkan berbagai program kegiatan. Antara lain, kegiatan pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Sabtu (28/6) hingga Senin (30/6), Gebyar Ramadhan pada Sabtu (28/6).

Juga digelar lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak pada Ahad (6/7), pemilihan muballigh remaja se-Kabupaten Banyumas setiap Ahad (6/7, 13/7, dan 20/).

Juga diadakan workshop perawatan jenazah pada Jum’at (11/7), lomba adzan untuk anak dan lomba MTQ remaja pada Ahad (13/7), serta lomba cerdas cermat sains Islam (CCSI) SMP/MTs se-Kabupaten Banyumas pada Ahad (20/7).

Enstein menyebutkan, dalam menyambut datangnya Bulan Suci, perngurus Masjid Agung juga menggelar kegiatan training muballigh se-Kabupaten Banyumas. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Ahad (13-15/6).

Training Muballigh diikuti 33 peserta yang mewakili berbagai elemen masyarakat di Banyumas, di antaranya dari takmir masjid dan mushalla, delegasi organisasi kerohanian sekolah, serta perwakilan dari unit kegiatan mahasiswa.