Lonjakan Arus Balik Diprediksi Masih Terjadi

Red: Djibril Muhammad

Ahad 18 Aug 2013 15:01 WIB

Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan Foto: Antara Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI, LAMPUNG -- Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni, Yanus Lentanga, memprediksikan lonjakan penumpang arus balik pemudik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa masih akan terjadi hingga Minggu (18/8) malam atau H+10 Idul Fitri 1434 Hijriyah.

"Penumpang arus balik pemudik lebaran diperkirakan masih akan terjadi, bahkan dari hari Sabtu kedatangan penumpang dari berbagai daerah di Pulau Sumatera ini masih terus mengalir," ujar dia, disela-sela pemantauan di Dermaga IV dan V Pelabuhan Bakauheni, Ahad (18/8).

Dia menjelaskan, arus pemudik ini masih terus terjadi karena bertepatan dengan libur akhir pekan sehingga sebagian pemudik memilih untuk kembali ke daerah asal pada Sabtu dan Minggu.

Ia menyebutkan pula, kepadatan penumpang mungkin tidak akan terjadi namun arus kedatangannya yang masih terus terjadi sehingga jumlahnya akan terus mengalami peningkatan.

Hal senada dikatakan Manajer operasional PT ASDP cabang Bakauheni, Heru Purwanto, yang menyebutkan arus balik pemudik pada Lebaran 2013 masih akan terjadi pada hari ini (Minggu, 18/8).

"Arus balik lebaran kali ini lebih teratur karena hari liburnya berada di akhir, coba kalau bertepatan dengan H+7 kemarin, pasti akan ramai sekali," ujarnya.

Namun, ia menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai kemungkinan tersebut sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang yang menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Terkait adanya Urbanisasi, Heru menyebutkan, meskipun ada perpindahan penduduk masih terbilang kecil persentasenya mengingat arus mudik dan arus balik hanya berbeda selisih tujuh persen saja.

"Itupun perbandingan antara H-7 dengan H+8 hasil catatan Posko Mudik lebaran baik dari Merak maupun dari Bakauheni," kata dia menerangkan.

Ia mengharapkan, kegiatan mudik/ balik Lebaran 2013 dapat berjalan lancar dan aman sehingga seluruh pemudik dapat mencapai tujuan dengan selamat. Sementara itu, Ribuan orang pemudik berpindah atau urbanisasi ke Pulau Jawa pasca mudik Lebaran 1434 H/2013 M.

Berdasarkan pantauan di Bakauheni, Lampung, sepanjang Sabtu dan Minggu, sejumlah pemudik tidak hanya kembali ke daerah asal sendiri namun turut mengajak teman dan keluarganya.

Marsila (38) salah seorang pemudik asal Kota Metro, Lampung, mengaku akan kembali ke Jakarta tidak sendiri melainkan membawa teman yang hendak mengadu nasib di ibu kota. "Iya mas, saya tidak pulang sendiri sekarang, kemarin waktu mudik memang sendiri," ujanya.

Ia juga menyebutkan sekadar menolong temannya karena di tempatnya bekerja ada penerimaan pegawai baru. "Itung-itung menolong teman, sekalian kalau mudik nanti tidak sendiri lagi ke kampung," ujar pegawai salah satu pabrik garmen di Tanggerang itu.