Volume Arus Balik di Terminal Pulogadung Menurun

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 14 Aug 2013 21:09 WIB

Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Foto: Republika/Prayogi Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Volume kedatangan penumpang saat arus balik pada musim mudik Lebaran 2013 di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, mengalami penurunan. Penurunan volume tersebut, bahkan angkanya mencapai 50 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun Pos Pengamanan Terpadu Angkutan Lebaran 2013 di Terminal Pulogadung mencatat, di saat yang bersamaan saja yaitu H+4 Idul Fitri 1434 Hijriah dengan tahun lalu, ada perbedaan volume kedatangan yang signifikan.

"Jumlah kedatangan penumpang di H+4 Lebaran tahun ini yaitu, 7.758 orang," kata Komandan Regu Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Terminal Pulogadung, Z Sanudin, kepada Republika, Rabu (14/8) di Terminal Pulogadung.

Sebanyak hampir 8 ribu penumpang yang tiba di Terminal Pulogadung pada Selasa (13/8) kemarin itu, diangkut 256 unit bus.

Sementara, volume kedatangan penumpang yang tiba di terminal bus ini pada H+4 di momen musim mudik Lebaran pada 2012 lalu, ialah sekitar 15 ribuan. "Iya, ada perbedaan jelas. Di H+4 saat arus balik tahun lalu, jumlah bus yang tiba di sini itu 403 bus," ujar Sanudin.

Ia menjelaskan, penumpang yang diangkut oleh 400 bus lebih hingga tiba di Terminal Pulogadung pada 24 Agustus 2012 itu, tepatnya sebanyak 15.831.

Sanudin belum bisa memastikan, apakah volume kedatangan penumpang pada arus balik Idul Fitri 1434 Hijriah di Terminal Pulogadung, mengalami penurunan yang signifikan. Sebab usainya masa angkutan Lebaran 2013, masih berselang dua hari ke depan.

Data keseluruhan pun, baik arus balik atau pun masyarakat yang masih saja melakukan perjalanan pada arus balik, belum terjumlah seutuhnya.

Namun berdasarkan data yang dihimpun Pospam Terpadu Angkutan Lebaran 2013 terminal ini, volume kedatangan penumpang pada H+7 Idul Fitri 1433 Hijriah lalu sangatlah tinggi.

"Ini bisa dilihat, H+7 itu merupakan akhir. Lebaran tahun lalu di hari itu, total jumlah penumpang yang tiba ialah 130.660 orang," katanya menjelaskan.

Sanudin mengungkapkan, 130 ribu lebih penumpang tersebut tiba di Terminal Pulogadung dengan diangkut sebanyak 4.668 bus.

Ia mengatakan, tidak mengetahui apa alasan pasti mengapa sampai di H+4 saat arus balik 2013, volume kedatangan penumpang mengalami penurunan.

Namun ia menjelaskan, alasan mengapa saat arus mudik Lebaran 2013 ini, volume pemudik mengalami penurunan di Terminal Pulogadung. "Alasannya, sebab, memang penyelenggaraan sejumlah acara mudik gratis tahun ini meriah sekali," ujar Sanudin.

Hal tersebut, ia melanjutkan, sangat tak bisa dipungkiri. Sebab diadakannya acara mudik gratis oleh sejumlah partai politik, perusahaan, bahkan oleh Kemenhub, memang berdampak pada penurunan pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum di sejumlah terminal di Ibu Kota.

Terpopuler