H+3, Arus Balik Paling Menonjol di Pulogadung

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 14 Aug 2013 20:24 WIB

Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Foto: Republika/Prayogi Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang Senin (12/8), merupakan momen arus balik Lebaran 2013 yang mencatatkan kedatangan penumpang paling menonjol di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Pada saat itu, volume kedatangan penumpang di terminal mencapai 8.589.

Komandan Regu Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Terminal Pulogadung, Z Sanudin, mengatakan, volume kedatangan penumpang yang tiba di H+3 tersebut melebihi jumlah kedatangan penumpang di hari sebelumnya.

"Ya arus balik yang paling menonjol di sini tersebut, ialah yang terjadi di H+3 Senin, 12 Agustus 2013," kata Sanudin kepada Republika, Rabu (14/8), saat dijumpai di Terminal Pulogadung.

Ia menjelaskan, volume kedatangan penumpang di Terminal Bus Pulogadung pada Ahad atau H+2 Lebaran, mencapai 8.017. Delapan ribu lebih penumpang dari berbagai daerah di Pulau Jawa itu tiba, dengan diangkut 222 bus.

Sedangkan, 8.589 penumpang yang tiba di Senin (12/8) pagi hingga Selasa (13/8) pagi itu, diangkut sebanyak 283 bus yang sampai di Pulogadung. Volume hampir 8.600 penumpang tersebut, merupakan jumlah kedatangan yang paling menonjol usai Lebaran berlangsung di Jumat (9/8) lalu.

"H+1 atau Sabtu 10 Agustus hanya 4.125 penumpang yang tiba. Keesokannya, Minggu angka kedatangan penumpang 8.000-an," paparnya.

Namun ia menjelaskan, momen yang mencatatkan kedatangan penumpang paling banyak tersebut, belum bisa dikatakan sebagai puncak arus balik Idul Fitri 1434 Hijriah di Terminal Pulogadung. Sebab, momen awal puncak arus balik yang diprediksi akan jatuh pada Ahad saja, nyatanya tak berlangsung 100 persen.

"Senin di H+3 itu merupakan arus balik yang paling menonjol di Pulogadung. Tapi, kami masih belum tahu apakah bisa saja puncak terjadi pada Sabtu atau Minggu ini," kata Sanudin menjelaskan.

Belum bisa diprediksinya kapan puncak arus balik Lebaran 2013 di Terminal Pulogadung ini, kata dia, sebab berdasarkan jadwal yang ditentukan, masa angkutan Lebaran akan habis pada Jumat (16/8) esok.

"Itu dia yang masih belum bisa diprediksikan kapan puncak arus balik. Masa Angkutan Lebaran kan serentak sudah habis di H+7 (Jumat), namun jika Sabtu (17/8) dan Minggu (18/8) kedatangan penumpang masih banyak, tetap tercatat," katanya.

Adapun, suasana yang terpantau di terminal ini, Rabu (14/8) siang, cukup ramai. Bus-bus seperti, Lorena, Kramatdjati, Handoyo dan lainnya, masing-masing mulai memenuhi terminal area AKAP Terminal Pulogadung.

Rentang waktu bus-bus menurunkan penumpang mereka, tidaklah lama. Setidaknya kurang dari 30 menit penurunan pendatang, telah selesai.

Sanudin menambahkan, untuk jumlah volume penumpang yang tiba pada H+5 atau Rabu (14/8) ini, belum tercatatkan. "Sebab untuk arus balik pada hari ini, masih berproses hingga esok pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Terpopuler