H+4, Arus Balik di Gambir Capai 12 Ribu Orang

Red: Hazliansyah

Selasa 13 Aug 2013 12:27 WIB

  Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Antara/Rosa Panggabean Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang arus balik lebaran tujuan akhir Stasiun Gambir, Jakarta, pada Selasa (13/8) atau H+4 Lebaran tercatat mencapai 12.362 orang.

Data dari Humas PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional I Jakarta pada Selasa menunjukkan jumlah penumpang yang fluktuatif pada tiga hari terakhir di Stasiun Gambir.

Pada Ahad (11/8), sejumlah 12.898 penumpang tercatat menggunakan jasa kereta api dengan tujuan akhir Gambir, sementara pada Senin, jumlah menurun menjadi 11.707 penumpang.

Namun demikian, tidak semua penumpang tersebut turun di Stasiun Gambir karena sejumlah dari mereka ada yang turun di stasiun-stasiun sebelumnya seperti Stasiun Jatinegara, dan Bekasi.

"Kurang lebih 5.000 hingga 6.000 penumpang yang turun di Stasiun Gambir pada arus balik setiap harinya," kata Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo.

Stasiun Gambir mengoperasikan 26 rangkaian kereta api reguler dan delapan kereta tambahan selama libur lebaran tahun 2013. Sebagian besar kereta yang beroperasi di Stasiun Gambir adalah kereta api kelas eksekutif, hanya sekitar 20 persen merupakan kelas bisnis.

Sementara itu, data dari PT.KAI menunjukkan bangku penumpang kereta api untuk sejumlah tujuan utama seperti Yogyakarta, Semarang dan Surabaya telah habis dipesan untuk keberangkatan hari Selasa (13/8). Sementara bangku penumpang untuk tujuan Cirebon dan Bandung masih tersedia.

Hingga pukul 10.00 WIB, Selasa, Stasiun Gambir telah memberangkatkan 3.518 penumpang.

Sedangkan pada Senin (12/8), sejumlah 10.537 penumpang diberangkatkan dari stasiun Gambir. Puncak arus keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir terjadi pada Jumat (9/8) atau H2 Lebaran dengan jumlah 14.620 orang.

Terpopuler