Lingkar Gentong Disergap Kemacetan

Rep: Djoko Suceno/ Red: Djibril Muhammad

Selasa 13 Aug 2013 06:45 WIB

Jalur alternatif Lingkar Gentong Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustom Jalur alternatif Lingkar Gentong

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Antrean kendaraan di jalur selatan Jawa Barat (Jabar) wilayah Tasikmalaya masih mengalami kemacetan. Selain Raja Olah, Jamsnis, lingkar Gentong yang baru dioperasikan menjelang arus mudik lalu pun tak luput dari kemacetan.

Kemacetan di lingkar Gentong terjadi karena penyempitan jalan. Antrean kendaraan darinarah timur ke barat di lingkar Gentong ini mencapai  empat kilometer.

Untuk mengurangi antrean kendaraan akibat penyempitan jalan di titik akhir lingkar Gentong ini, polisi melakukan pengaturan arus kendaraan baik datinarah timur ke bara maupun sebaliknya. Meski telah dilakukan pengaturan secara maksimal, antrean masih terus terjadi hingga Senin pukul 14.00 WIB.

"Volume kendaraan yang melintas lingkar Gentong dari narah timur cukup signifikan sehingga terjadian antrean panjang," kata Kasatlantas Polresta Tasiklamaya, AKP Mundar, Senin (12/8).

Menurut Mundar, penyempitan jalan di titik akhir sebelah barat lingkar Gentong menjadi penyebab antrean kendaraan. Selain itu, kata dia, volume kendaraan yang masuk juga cukup tinggi.

Lingkar Gnetong dati arah timur ke barat dilalui untuk satu jalur. Sedangkan jalan lama Gentong juga dilalui satu jalur dari barat ke timur. "Titik akhir lingkar Gentong di bagian barat ini kembali menyempit dan untuk du jalur dari timur ke barat dan sealiknya. Akibatnya kendaraan harus antre," ujar dia.

Terpopuler