Kemenhub Gratiskan Kapal Pengangkutan Arus Balik

Red: Dewi Mardiani

Senin 12 Aug 2013 22:48 WIB

Pelabuhan Tanjung Emas Foto: indonesia.is Pelabuhan Tanjung Emas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan dengan Kapal Dobonsolo menggratiskan pengangkutan arus balik penumpang bersepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, ke Pelabuhan Tanjung Priok ,Jakarta, Senin (12/8).

"Sebanyak 1.146 sepeda motor dan 2.526 penumpang arus balik Lebaran 1434 H diangkut dalam Program Mudik Gratis 2013," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan di Jakarta, Senin.

Ia memaparkan, para pemudik dan motornya diberangkatkan dengan KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan dilepas oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Bobby R Mamahit.

Bobby berpesan agar dalam melakukan perjalanan mudik dan juga balik, aspek keselamatan dan keamanan pelayaran harus tetap menjadi prioritas. Pemerintah juga berharap keselamatan dan keamanan pelayaran dapat dijadikan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam masyarakat.

Pada arus balik tahun ini, untuk moda angkutan laut, pemerintah mengerahkan tiga buah kapal dengan rute yang sama yaitu Semarang-Jakarta. Sebelumnya, KMP Ranaka telah diberangkatkan pada Minggu (11/8) pagi dengan membawa sebanyak 400 sepeda motor dan 400 penumpang (satu sepeda motor hanya diperbolehkan dengan satu pengendara).

Sedangkan pada Selasa (13/8) dijadwalkan akan diberangkatkan KRI Banda Aceh pada pukul 10.00 WIB yang akan dilepas oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono. KRI Banda Aceh akan mengangkut penumpang yang sudah terdaftar sebanyak 1.509 orang dengan sepeda motor sebanyak 601 Unit.

Sebelumnya, program Mudik Gratis melalui kapal laut yang dikoordinasikan oleh Kemenhub memberangkatkan sebanyak 4.302 unit sepeda motor. Program ini telah mengangkut 4.302 sepeda motor dan 6.652 orang penumpangnya, kata Bambang.

Terpopuler