Puncak Arus Balik, 27.711 Pemudik Tiba di Kampung Rambutan

Rep: Alicia Saqina/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 12 Aug 2013 16:21 WIB

  Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Puncak arus balik Lebaran 2013 terjadi pada Ahad (11/8) Foto: Agung Supriyanto/Republika Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Puncak arus balik Lebaran 2013 terjadi pada Ahad (11/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada musim mudik Lebaran 2013 Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, sudah melewati momen puncak arus balik. Momen puncak arus balik Idul Fitri 1434 Hijriah itu dikatakan, terjadi pada H+2 atau Ahad (11/8) kemarin.

Kepala Regu yang pada Senin (12/8) siang bertugas di terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Terminal Bus Kampung Rambutan, Anang Hidayat,  Senin (12/8) kepada Republika mengatakan, ''Memang hingga kemarin malam merupakan puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan,"

Ia menjelaskan, akan tetapi meski sudah melewati momen puncak arus balik bukan berarti tak akan ada lagi jadwal-jadwal kedatangan bus-bus AKAP selanjutnya. Anang mengungkapkan, momen puncak pada Ahad (11/8) kemarin, baru didominasi oleh bus-bus yang berasal dari jarak dekat, seperti sejumlah daerah di Jawa Barat.

Ia mengatakan, meski belum bisa memprediksi berapa volumenya, bisa saja bus-bus AKAP yang berasal dari daerah-daerah jarak jauh akan menyusul momen kedatangan penumpang usai H+2 tersebut. Proses kedatangan kembali pemudik ke Jakarta, masih akan tetap berlangsung secara berangsur-angsur di terminal ini.

''Ya, saat puncak arus balik kemarin (Ahad) itu karena baru bus-bus yang datang dari sekitar Jawa Barat saja. Untuk asal Jawa Tengahnya belum,'' ucapnya.

Sementara menurut data yang dihimpun oleh Pos Pengamanan Terpadu Angkutan Lebaran 2013 di Terminal Kampung Rambutan mencatatkan, volume kedatangan penumpang pada H+2 atau Ahad (11/8) ialah sebanyak 27.711 penumpang. Penumpang yang tiba di Kampung Rambutan yang berjumlah hampir 28 ribu itu, terangkut oleh 633 bus.

Terpopuler