Arus Mudik dan Balik Belum Selesai?

Rep: Asep Nur Zaman/ Red: Karta Raharja Ucu

Senin 12 Aug 2013 14:41 WIB

 Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8).   (Republika/Adhi Wicaksono) Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Para pemudik Lebaran yang mengambil waktu balik Senin (12/8) harus gigit jari. Memperkirakan jalanan akan kosong, mereka malah terjebak macet parah.

Keadaan itu menunjukkan arus balik sepertinya belum selesai. Malah, arus mudik seperti masih terjadi, karena kepadatan arus lalu lintas tampak dari dua arah, khususnya dari arah Garut ke Bandung dan sebaliknya.

"Kami menghindari pulang ke Jakarta pada Sabtu-Ahad kemarin supaya tidak terjebak puncak arus balik. Eh ini malah masih macet parah juga," kata Kiki, penumpang PO Primajasa jurusan Garut-Lebakbulus, yang terjebak macet di ruas Jalan Raya Tarogong, Garut.

Penumpang lainnya tak kalah menggerutu. "Edan...mobil enggak bisa bergerak sama sekali," keluh Alvin.

Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Garut-Bandung terjadi mulai pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Makin siang, volume kendaraan kian padat.

"Pada sekitar tengah hari ini kemacetan mengular dari Kota Garut hingga Nagrek, yaitu sekitar 15 km," kata seorang polantas yang mengatur arus kendaraan di kawasan Nagrek.

Terpopuler