Arus Balik masih Ramai di Kampung Rambutan

Rep: Alicia Saqina./ Red: Citra Listya Rini

Senin 12 Aug 2013 14:03 WIB

  Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto: Agung Supriyanto/Republika Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski Lebaran telah usai tiga hari yang lalu, namun keramaian aktivitas arus balik masih terjadi di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur. 

Meski Dinas Perhubungan bersama kepolisian menyebut puncak arus balik terjadi Ahad (11/8), tetapi pemandangan kedatangan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal ini masih cukup ramai.

Berdasarkan pantauan Republika di lokasi Senin (12/8) siang, aktifitas kedatangan bus di area terminal antar kota Kampung Rambutan masih tergolong ramai. Puluhan penumpang yang turun dari setiap bus yang tiba per belasan menit, menambah keramaian Terminal Kampung Rambutan itu.

Menurut data terkini yang dihimpun oleh Pos pengamanan Terpadu Angkutan Lebaran 2013 di Terminal Kampung Rambutan, mencatat, sudah tiba sebanyak 10.099 penumpang. Data kedatangan tersebut merupakan jumlah penumpang yang tiba di Senin (12/8), per pukul mulai dari 08.00 WIB - 13.00 WIB.

Sebanyak 10.099 penumpang per pukul 13.00 WIB itu, ialah penumpang yang terangkut oleh 221 bus dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Semakin siang, suasana di Terminal Kampung Rambutan kian meramai.

Volume 10.099 penumpang yang baru saja tiba itu, belum lah ditambahkan lagi dengan jadwal kedatang bus-bus AKAP pada shift II dan III Senin (12/8), yang jatuh hingga Selasa (13/8) pukul 08.00 WIB.

Sedangkan, perbandingan jumlah kedatangan penumpang di Terminal Kampung Rambutan pada shift I Senin (12/8) sangat jauh berbeda dengan volume keberangkatannya. Setidaknya 8.000-an penumpang, menjadi selisih volume antara penumpang yang akan memadati Ibu Kota dengan yang meninggalkannya.

Data dari Pos pengamanan Terpadu Angkutan Lebaran 2013 di terminal mencatatkan, di shift I hanya ada 2.057 penumpang yang meninggalkan Jakarta via Kampung Rambutan. Dua ribu lebih penumpang yang bertolak itu, diangkut dengan sebanyak 187 bus reguler.

Terpopuler