Wisatawan Dominasi Jalur Utama Semarang-Bawen

Rep: Bowo Pribadi/ Red: A.Syalaby Ichsan

Ahad 11 Aug 2013 16:50 WIB

 Wisatawan mengitari perkebunan kopi dengan menggunakan kereta wisata di Agrowisata Perkebunan Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/8).(Aditya Pradana Putra/Republika) Wisatawan mengitari perkebunan kopi dengan menggunakan kereta wisata di Agrowisata Perkebunan Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/8).(Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Menjelang berakhirnya cuti Lebaran 1434 Hijriah, arus lalu lintas wisatawam mendominasi di jalur tengah selatan Jawa Tengah, Ahad (11/8).

Sejak pagi hingga siang hari, arus lalu lintas di jalur utama Semarang- Solo/ Yogyakarta terpantau padat namun tetap lancar.

Penumpukan kendaraan bermotor terpantau di sejumlah simpul kepadatan, seperti di kawasan Lemahabang, Jatijajar (Tegalpanas), Bawen serta Ambarawa.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kepadatan arus lalulintas ini didominasi oleh kendaraan bermotor –roda dua maupun mobil pribadi— bernomor polisi lokal.

Seperti Kendal, Demak, Kudus, Jepara dan Kota Semarang. Sebagian pengguna jalan yang berhasil dikonfirmasi, mereka akan menuju ke sejumlah obyek wisata baik yang ada di Kabupaten Semarang maupun daerah lain di sekitarnya.

“Mumpung masih ada cuti Lebaran,” ungkap Nurcahyo (41), warga Semarang, yang ditemui di SPBU Lemahabang. Ia bersama empat anggota keluarganya, mengaku akan mengisi liburan dengan mengunjungi obyek wisata Umbul Sidomukti, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

 Sementara itu, keluarga H Sholeh, (57) pengguna jalan asal asal Karangtengah, Kabupaten Demak mengaku akan berwisata menuju Kopeng. Menurutnya, arus lalu lintas sepanjang perjalanan dari Demak menuju Ungaran Kabupaten Semarang ramai lancar.

Namun memasuki ruas jalur utama Ungaran- Bawen perjalanan mereka beberapa kali tersendat di beberapa lokasi. Seperti di kawasan tanjakan Lemahabang hingga tanjakan Jatijajar. “Sempat padat merayap karena terjadi penumpukan kendaraan,” ujarnya, saat ditemui di sekitar exit tol Bawen.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kepadatan arus kendaraan bermotor terpantau untuk lalulintas dari arah Ungaran menuju arah Bawen. Khusus di ruas Lemahabang hingga Jatijajar, kepadatan arus lalu lintas disebabkan oleh meningkatnya volume pengunjung resto Cimory.

 Akibatnya parkir kendaraan bermotor hingga meluber ke bahu jalan, baik di sisi kanan maupun kiri ruas jalan. Arus lalulintas melambat karena aktivitas penyeberangan.

 

Terpopuler