Jalur Menuju Selatan Sukabumi Dipadati Arus Wisatawan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Didi Purwadi

Ahad 11 Aug 2013 07:41 WIB

Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Antara/Ismar Patrizki Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah obyek wisata alam di Kabupaten Sukabumi masih menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan libur lebaran. Hal ini ditandai dengan padatnya arus kendaraan menuju kawasan Pantai Palabuhanratu di selatan Sukabumi.

Kepadatan kendaraan mulai terlihat dari daerah perbatasan Sukabumi dengan Bogor di Cicurug hingga Cibadak. Kendaraan yang mendominasi berasal dari arah Jakarta yang menuju Sukabumi. Sementara dari arah sebaliknya lancar.

‘’Arus kendaraan paling banyak didominasi wisatawan yang akan berlibur ke Sukabumi,’’ ujar salah seorang warga Kecamata Cicurug, Muhidin (44 tahun).

Mereka ada yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi, dan angkutan umum lainnya. Dampaknya, lanjut Muhidin, arus lalu lintas di jalur utara Sukabumi ini menjadi padat. Sehingga petugas kepolisian harus ekstra kerja keras mengatur arus lalu lintas.

Selain ke selatan Sukabumi, sebagian wisatawan juga mengarah ke obyek wisata pegunungan di Pondok Halimun (PH). Kawasan sejuk tersebut tepat berada di bawah kaki Gunung Gede.

‘’Wisatawan sudah banyak berdatangan,’’ terang aktivis Volunteer Panthera, Ligar Sonagar. Bahkan, ada sejumlah wisatawan yang berkemah di kawasan Pondok Halimun.

Terpopuler