Jalinsum Ramai Dilalui Pemudik

Red: Hazliansyah

Ahad 11 Aug 2013 01:47 WIB

Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan Foto: Antara Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI, LAMPUNG -- Arus balik pemudik makin ramai melintasi Jalan Lintas Sumatera ruas Panjang-Bakauheni Lampung pada tiga hari setelah Lebaran 2013.

Pantauan di sejumlah titik Jalinsum Bandarlampung-Lampung Selatan itu, Ahad dini hari, arus balik pemudik didominasi kendaraan pribadi, bus, travel dan motor menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Iring-iringan kendaraan pada malam hari terutama mobil pribadi, bus, dan travel dari arah Bandarlampung tujuan Bakauheni tampak di beberapa titik Jalinsum Lampung Selatan.

Kendaraan dengan nomor plat luar daerah Lampung seperti Jakarta (B), Bandung (D), Serang Banten (A), dan Bogor (F) terlihat melintasi Jalinsum pada arus balik malam ini. Mobil pribadi beberapa diantaranya barang bawaan di bagasi atas mobil.

Pemudik sepeda motor pada arus balik juga terlihat melintasi Jalinsum ruas Bandarlampung-Bakauheni pada malam hari tetapi tidak sebanyak mobil.

Menurut Posko Lebaran ASPD Cabang Bakauheni,jumlah pemudik yang asal Pulau Jawa yang berada di Sumatera tercatat 564.593 orang yang terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 114.624 orang dan penumpang kendaraan sebanyak 449.969 Orang.

Jumlah kendaraan motor pemudik yang diseberangkan ke Bakauheni selama arus mudik tercatat 57.593 Unit dan kendaraan roda empat sebanyak 60.289 unit.

Terpopuler