Ini Pidato Lengkap Presiden Obama Soal Idul Fitri

Rep: Stevy Maradona/ Red: Heri Ruslan

Sabtu 10 Aug 2013 19:15 WIB

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama Foto: AP Photo/Charles Dharapak Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan selamat Idul Fitri bagi seluruh muslim di negaranya dan dunia.

Ucapan selamat itu ia sampaikan di sela kunjungan Obama ke Baku, Azerbaijan pada Rabu (7/8). Berikut pernyataan lengkap Obama terkait Idul Fitri:

"Michelle dan saya menyampaikan salam hangat kami kepada kaum Muslim yang merayakan Idul Fitri baik di AS maupun di seluruh dunia. Selama sebulan terakhir kaum Muslim menjalankan ibadah mereka dengan baik seperti puasa, salat, dan menghabiskan waktu dengan keluarga yang mereka cintai.

Selama saya menghuni Gedung Putih, saya bahagia bisa bertemu banyak sekali Muslim AS yang berkontribusi memperkaya demokrasi kami dan memperkuat ekonomi nasional. Kami juga menyempatkan diri ikut buka puasa bersama dengan mereka dan handai tolan. Ini sebuah tradisi yang sangat baik, mengingatkan kami untuk selalu bersyukur atas berkah yang diberikan dan berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu.

Termasuk dengan jutaan warga Suriah yang selama Ramadhan ini harus kehilangan rumah, kehilangan keluarga, dan orang-orang yang mereka sayangi. Untuk membantu meringankan beban masyarakat Suriah, dalam suasana Idul Fitri ini maka AS menyediakan bantuan 195 juta dolar AS dalam bentuk bantuan makanan dan obat-obatan serta lainya. Ini menjadikan total bantuan AS ke Suriah mencapai satu miliar dolar AS sejak krisis Suriah mulai.

Kepada jutaan umat Islam di AS, Idul Fitri adalah satu simbol tradisi perekat Amerika. Saya berharap semua umat Islam mendapat keberkahan dan menikmati Idul Fitri ini dengan baik," demikian kata Obama seperti dikutip dari laman Gedung Putih, Sabtu (10/8).

Terpopuler