Wisata Murah Meriah di Makam

Rep: Fuji Pratiwi/c20/ Red: Heri Ruslan

Sabtu 10 Aug 2013 19:12 WIB

Seorang warga berziarah ke makam salah satu keluarganya di TPU Karet, Jakarta,Selasa (2/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Seorang warga berziarah ke makam salah satu keluarganya di TPU Karet, Jakarta,Selasa (2/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemakaman yang tertata rapi dan bersih membuat para peziarah menjadikan Taman Makam Pahlawan Drede sekaligus sebagai tempat wisata.

Salah satu peziarah, Rosita, mengaratak baru saja berziarah ke makam sanak keluarganya di tempat pemakaman umum (TPU) di belakang Taman Makam Pahlawan. Ia membawa serta suami, kedua anak, dan orangtuanya.

Tak hanya meneteng bunga untuk nyekar, ia pun membawa bekal untuk makan bersama keluarganya. Mereka menggelar tikar di halaman depan kompleks makam pahlawan. ''Murah meriah lah. Sekalain ziarah, sekalin kumpul keluarga,'' kata Rosita.

Selain makan-makan keluarga, ada juga peziarah yang mengabadikan momen bersama kelurlarga dengan berfoto di depan tugu pesan pahlawan di dekat pintu masuk kompleks pemakaman.

Penjaga pemakaman, Maman, membolehkan peziarah untuk makan bersama di pemakaman seluas 3,3 hektare itu. ''Selama mereka bertanggungjawab dengan sampahnya, tidak apa-apa,'' ungkap Maman.

Maman menuturkan pemakaman bisa dijadikan objek wisata ziarah jika ditata dengan baik.

Terpopuler