Lebaran tak Lagi Sama di Mesir

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Sabtu 10 Aug 2013 17:34 WIB

Bangunan Universitas Al Azhar Kairo Mesir Foto: blogspot Bangunan Universitas Al Azhar Kairo Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO-- Tak seperti di tahun-tahun sebelumnya, warga Indonesia di Mesir pada lebaran tahun ini hanya banyak berada dirumah saja. Di Tahun Sebelumnya, WNI yang kebanyakan mahasiswa itu biasanya akan bertandang untuk bersilaturrahmi ke beberapa flat mahasiswa Indonesia.

"Biasanya kalau malam lebaran kita pasti ngumpul-ngumpul. Silaturrahim kerumah kawan-kawan. Pokoknya pasti keluar rumah. Tapi kini cemas kalau mau keluar," jelas salah seorang mahasiswa Indonesia, Roni Irawan kepada Republika via Blackberry Messenger, Jumat (9/8).

Pria asal Lintau Sumatera Barat itu ingat betul lebaran tahun lalu. Ia bersama temannya, Muhammad, salah seorang pemuda Mesir mengajaknya untuk mudik bersama ke Provinsi Munufia. Ia tinggal di rumah warga Mesir dan ikut bersama-sama orang tua Muhammad berkebun. Namun saat ini, untuk keluar dari Kairo saja ia harus berfikir panjang.

"Dulu kan kita shalat ied bersama-sama di Masjid Salam di hay 'Asyir (District 10). Tapi sekarang kita shalat ied di KBRI. Ada disediakan mobil jemputan. Untuk (mahasiswa yang tinggal) di Hay 'Asyir, berangkat pukul 6-7 pagi," jelas Roni.

Terpopuler