Terminal Pulogadung Masih Lengang

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hafidz Muftisany

Sabtu 10 Aug 2013 16:44 WIB

Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Foto: Republika/Prayogi Pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, PULOGADUNG -- Memasuki H+2 masa libur lebaran, Sabtu (10/8), belum ada aktivitas berarti terkait arus balik di Terminal Pulogadung. Puncak arus balik di Terminal Pulogadung diprediksi akan terjadi pada H+3 dan H+4 libur lebaran.

Berdasarkan pantauan Republika, Sabtu (10/8), jalur kedatangan Terminal Pulogadung terlihat masih sepi. Hanya ada beberapa armada bus yang terpakir. Meskipun ada sejumlah bus yang baru masuk ke terminal, bus-bus tersebut berasal dari trayek dekat, seperti Bandung, Kuningan dan Cirebon.

Pelaksana Harian Kepala Terminal Pulogadung, Adji Kusambarto, memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Ahad (11/8) dan Senin (12/8). ''Ini mengingat orang-orang sudah mulai masuk kerja dan memulai aktivitas seperti biasa pada Senin pekan depan,'' lanjutnya kepada Republika.

Hingga pukul 13.30, Terminal Pulogadung telah menerima kedatangan 48 bus dan telah mengangkut 721 penumpang. Pada H-1 tahun lalu, Terminal Pulogadung, secara keseluruhan menerima 8.072 penumpang, yang diangkut dengan 303 bus.

Pada tahun lalu, puncak arus balik di Terminal Pulogadung terjadi pada H+7, yang menurunkan penumpang mencapai 28.620 orang dengan menggunakan 692 bus.