Arus Balik di Terminal Pulogadung Masih Sepi

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Sabtu 10 Aug 2013 15:24 WIB

  Sejumlah calon penumpang mulai meramaikan Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/8).  (Prayogi) Sejumlah calon penumpang mulai meramaikan Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (16/8). (Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Suasana arus balik pada H+1 Lebaran di Terminal Bus Antarkota dan Antar Provinsi (AKAP) Pulo Gadung, Jakarta Timur masih relatif sepi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hingga pukul 13.00 WIB, belum tampak adanya antrian bus- bus dari luar kota yang hendak memasuki terminal tersebut. Hanya terlihat sekitar delapan bus yang berasal dari wilayah Jawa Barat, diantaranya Bandung, Cirebon, Kuningan dan Purwakarta.

"Arus balik pada hari ini, H+1 Lebaran masih bisa dibilang sepi, belum ada lonjakan. Bus yang tiba masih sedikit-sedikit, itu pun merupakan bus jarak dekat, misalnya dari Cirebon, Kuningan dan daerah-daerah lain di Jawa Barat," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Terminal AKAP Pulogadung Adji Kusambarto di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (9/8).

Adji memperkirakan arus balik di Terminal Pulogadung baru akan terjadi pada esok hari, Ahad (11/8), mengingat sebagian besar warga sudah mulai bekerja pada Senin (12/8).

 

''Kemungkinan besar arus balik besar-besaran baru terjadi besok, karena sebagian besar warga sudah mulai beraktivitas kembali pada hari Senin. Tapi ini baru perkiraan saja," ujar Adji.

Adji mengungkapkan bus-bus yang datang dari Jawa Barat hari ini di Terminal Pulogadung tidak sepenuhnya terisi penumpang, atau dengan kata lain masih ada kursi kosong.

"Setiap bus yang datang kesini pada hari ini tidak ada yang terisi penuh. Setiap bus rata-rata hanya terisi sekitar 60 sampai 70 persen penumpang, sisanya bangku kosong," tambah Adji. Hingga berita ini diturunkan, suasana. Arus balik di Terminal Pulogadung.