Pedagang di Ragunan Untung Besar

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hafidz Muftisany

Sabtu 10 Aug 2013 13:19 WIB

Suasana liburan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta saat libur lebaran, Sabtu (10/8) Foto: Republika/Lida Puspaningtyas Suasana liburan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta saat libur lebaran, Sabtu (10/8)

REPUBLIKA.CO.ID, RAGUNAN -- Membludaknya pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan menjadi magnet bagi para pedagang. Mereka menggelar lapak di sepanjang jalan RM Harsono juga jalan GOR Ragunan.

Segala macam barang bisa ditemukan dari para penjual ini. Mulai dari barang keseharian, makanan, mainan hingga elektronik. Salah satu pedagang Ahmad Gojali mengaku hanya setahun sekali berjualan di Ragunan saat peak season ramai libur lebaran.

Pria yang biasa berjualan di Pusat Grosir Jatinegara, Jakarta Timur ini memindahkan lapaknya ke Ragunan karena alasan keramaian. Ia menjual tas dan sandal sepatu di pinggir jalan RM Harsono menuju pintu masuk Ragunan.

Ahmad mengatakan keuntungan yang diperoleh jika dibandingkan dengan hari biasa bisa mencapai empat kali lipat. ''Bisa dapat untung minimal Rp 800 ribu dari siang sampai sore saja,'' kata dia kepada Republika, Sabtu (10/8).

Padahal biasanya dihari biasa ia hanya mendapat untung Rp 200 ribu dari pagi hingga malam. Ahmad adalah salah satu dari ratusan pedagang yang menggelar lapak di luar dan di dalam Ragunan. Akibat kerumunan yang membludak ini, kemacetan tak terhindarkan.

Terpopuler