Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Yogyakarta

Rep: Dessy Saputri/ Red: Hafidz Muftisany

Sabtu 10 Aug 2013 13:10 WIB

Pemudik menggunakan bus sebagai moda transportasi Foto: Republika/Tahta Aidilla Pemudik menggunakan bus sebagai moda transportasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Puncak arus balik di Terminal Jombor pada libur lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi pada Ahad (11/8). Kepala Terminal Jombor, Margi Sudarnoto, mengatakan hari ini jumlah arus balik masih belum terlihat.

"Arus balik masih belum terasa, mungkin besok Ahad puncak arus balik. Karena tanggal 12 sudah mulai masuk," kata Margi di kantornya, Sabtu (10/8). Menurutnya, pada arus balik esok hari, pihaknya dapat memberangkatkan sekitar dua ribu penumpang menuju Semarang menggunakan bus ekonomi.

Margi menambahkan pihaknya menargetkan jumlah penumpang arus mudik dan balik pada tahun ini akan mencapai 120 ribuan orang. Angka tersebut diprediksi mengalami kenaikan hingga delapan persen.

Tercatat pada lebaran pertama, jumlah penumpang yang diberangkatkan melalui terminal Jombor mencapai 662 orang. Sedangkan, jumlah penumpang yang turun mencapai 1.890 orang dengan menggunakan 82 bus. Angka tersebut naik sekitar 5,76 persen dari tahun lalu.

Sementara itu, jumlah penumpang yang diberangkatkan di terminal Jombor pada lebaran kedua sebanyak 3.048 orang. Dan jumlah penumpang yang turun sebanyak 2.654 orang menggunakan 194 armada bus. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,55 persen.