Keramaian Ragunan Puncaknya Hari Ini

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Dewi Mardiani

Sabtu 10 Aug 2013 10:00 WIB

Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergeseran keramaian warga dua hari setelah Lebaran ke tempat wisata ditanggapi Kepala Humas Ragunan, Wahyudi Bambang. Menurut dia. sebagai salah satu lokasi wisata rujukan di Jakarta, Raguna, menargetkan kedatangan ratusan ribu pengunjung hari ini.

''Kita prediksi 100 ribu lebih pengunjung hari ini, dan sekarang puncaknya,'' kata dia, Sabtu (9/8). Wahyudi menjelaskan, pihaknya yakin hari ini target 100 ribu akan terlampaui, pasalnya Lebaran tahun kemarin, pengunjung yang datang mencapai 100 ribu orang.

Meski begitu, pihaknya tidak tidak ingin muluk-muluk untuk menghitung data pengunjung mulai hari pertama lebaran. ''Yang pasti hari ini kita tinggal tunggu rekor pecah,'' katanya.

Untuk segi keamanan, 295 aparat kepolisian telah disiagakan untuk melakukan pengamanan lokasi wisata Ragunan, Jakarta Selatan. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, mengatakan pihaknya menurunkan satuan serse untuk mengantisipasi tindak kriminal.

Sementara, untuk pengaturan lalu lintas, akan diturunkan polisi lalu lintas. Menurut Rikwanto, tidak menutup kemungkinan diadakan pengalihan arus lalu lintas jika melihat kepadatan tidak bisa diurai. Namun, Rikwanto menilai, pengalihan arus masih sebatas solusi dan sifatnya sangat situasional.