Ragunan Buka dari Pukul Tujuh Pagi

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 10 Aug 2013 09:59 WIB

  Pengunjung menaiki gajah saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Jumat (9/8). (Republika/Agung Supriyanto) Pengunjung menaiki gajah saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Jumat (9/8). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, RAGUNAN -- Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan mulai ramai dikunjungi warga yang hendak mengisi libur lebaran di hari ke tiga. Sabtu (10/8) akhir pekan ini, Ragunan bahkan buka lebih pagi yakni pukul 07.00 WIB.

Menurut pantauan Republika, warga yang menuju kebun binatang ragunan terus mengalir. Selain menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, puluhan pengunjung Ragunan menggunakan moda transportasi TransJakarta. 

Terminal  koridor 6 TransJakarta yang berakhir di Ragunan, memudahkan warga yang tinggal berjalan kaki beberapa meter saja untuk sampai di pintu masuk kebun binatang ini.

Salah satu pengunjung Ragunan, Suciati (37 tahun) mengatakan, dia memilih Ragunan untuk tempat rekreasi di hari ke tiga lebaran karena murah meriah. Suciati mengajak anak dan keponakannya yang seluruhnya berjumlah 15 orang. ''Kalau rombongan begini, cari liburan yang murah meriah sajalah,'' ujarnya.

Karyawan sebuah bank pemerintah ini tidak mudik ke kampung halamannya di Jember. Menurutnya, justru keluarga dan keponakannya yang datang ke Jakarta berlebaran dan mengisi liburan sekolah. Kota Jakarta yang sepi saat ditinggal pemudik, kata dia, membuatnya berpikir untuk mengajak kakak dan adik serta keponakananya untuk berlibur ke Jakarta.

Dari lepas shalat subuh, menurut Suciati, dia mempersiapkan diri berangkat ke Ragunan. Termasuk tentu saja menyiapkan bekal makanan dan minuman. ''Bekal dibawa sendiri, bawa rombongan banyak begini, kan bisa bagi-bagi tugas untuk nenteng bawaan. Lagi pula biar lebih hemat,'' ujarnya sambil tertawa.

Suciati datang lebih pagi karena tahu, hari ini Ragunan buka lebih pagi dari biasanya. ''Ada keponakan saya kerja di salah satu wahana, dia bilang dari jam tujuh pagi sudah buka. Makanya kami berangkat lebih cepat,'' ujarnya.

Suciati juga mengatakan, akan melihat dan mencoba wahana baru, yakni Taman Satwa Anak. Taman ini adalah wahana baru berisi satwa-satwa kecil dan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan mereka. ''Apa aja isinya sih belum tahu, makanya mau lihat. Asalkan aman saja sih tidak mengapa, anak-anak saya juga pada penasaran,'' kata dia.

Meskipun sudah mempersiapkan rencana keberangkatan sejak lepas subuh, namun karena banyaknya anggota rombongan yang harus diurus, ibu tiga anak ini baru tiba di Ragunan pukul 08.30 WIB. Tanpa buang waktu, rombongan yang membawa delapan bocah-bocah ini pun melenggang riang menuju Ragunan.

Terpopuler