Pos Pelayanan Mudik Sediakan Tempat Menyusui Bayi

Red: Dewi Mardiani

Sabtu 10 Aug 2013 07:39 WIB

Posko mudik Foto: Republika/Nunu Posko mudik

REPUBLIKA.CO.ID, WAYKANAN -- Pos pelayanan mudik Polres Waykanan Provinsi Lampung dan pihak terkait memberikan pelayanan bagi para pemudik Lebaran dengan berbagai fasilitas, seperti tempat menyusui bayi.

Selain mendapatkan pelayanan ruang istirahat, menurut Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Waykanan Guntari Rasyid, di Blambanganumpu, kemarin, ibu yang sedang menyusui anaknya juga disiapkan ruangan khusus di pos pelayanan yang berada di 'rest area' Waykanan yang berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara.

"Memang tersedia ruang khusus untuk pemudik yang sedang menyusui bayinya," ujar Kepala Unit Pengamanan Objek Vital Polres Waykanan Bripka Cucu Ahyani Sutarsa membenarkan pernyataan Guntari.

Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera memiliki panjang 78 km, dari Kecamatan Gununglabuhan hingga Waytuba yang berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatra Selatan. Pengamanan "Operasi Ketupat Krakatau dan Pengendalian Angkutan Barang 2013" untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pemudik dan warga berlebaran tahun ini, termasuk di Kabupaten Waykanan, berlangsung selama 16 hari mulai Kamis (1/8) hingga Jumat (16/8).

Pada kegiatan kemanusiaan itu, Polres Waykanan didukung sejumlah instansi, seperti Satuan Polisi Pamongpraja, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi setempat untuk berupaya merealisasikan amanat Kapolri Jenderal Timur Pradopo supaya operasi itu dapat mewujudkam kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcar Lantas) yang aman dan nyaman.

"Pelayanan kesehatan juga diberikan secara gratis, begitu pula pelayanan mobil ambulans diberikan cuma-cuma," kata Guntari pula.